Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 22 November 2014

Fakta Lengkap American Idol


KaBeIn, American Idol adalah acara kompetisi menyanyi di televisi Amerika Serikat. Acara yang dimulai sejak tahun 2002 ini telah menarik penonton terbesar dalam sejarah televisi di Amerika bahkan dunia.

"American Idol" menemukan bakat penyanyi baru melalui serangkaian audisi dan pertunjukan televisi. Audisi diadakan di sejumlah kota untuk pertunjukan setiap musim. Puluhan ribu orang akan mengikuti audisi, yang kemudian di eliminasi oleh para juri hingga tersisa beberapa semifinasli yang kemudian dibawa ke Hollywood, California, untuk melakukan pertunjukan di studio dan pemirsa televisi. Para juri bertugas untuk mengomentari kinerja masing-masing kontestan. Sedangkan para penonton akan menentukan seorang kontestan maju ke babak berikutnya dengan sms, telepon atau voting web. Pemenang akan menerima kontrak rekaman dan gelar American Idol musim itu.

Para hakim di American Idol diantaranya penyanyi pop Amerika dan koreografer Paula Abdul (2002-2009); eksekutif musik dan manajer musik Inggris Simon Cowell (2002-2010); produser rekaman dan manajer musik Amerika Randy Jackson (2002-2013); penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Amerika Kara DioGuardi (2009 dan 2010); Komedian Amerika dan personalitas TV Ellen DeGeneres (2010); penyanyi dan aktris Amerika Jennifer Lopez (2011, 2012, dan mulai lagi pada tahun 2014); musisi rock Amerika Steven Tyler (2011 dan 2012); penyanyi Amerika Mariah Carey (2013); artis rap Amerika kelahiran Trinidad, Nicki Minaj (2013); penyanyi country Australia kelahiran Selandia Baru Keith Urban (mulai tahun 2013); dan penyanyi Amerika Harry Connick, Jr. (mulai tahun 2014). Acara ini dibawakan oleh Ryan Seacrest. "American Idol" juga menampilkan penyanyi tamu terkenal yang bertindak sebagai pelatih dan penasihat untuk para kontestan.

Sejumlah kontestan acara ini telah mencapai keberhasilan dalam karir pertunjukan lainnya. Beberapa penyanyi telah memenangkan Grammy Awards. Beberapa kontestan yang paling menonjol dari "American Idol" seperti Clay Aiken, Fantasia Barrino, Kelly Clarkson, David Cook, Chris Daughtry, Taylor Hicks, Adam Lambert, Jordin Sparks, Ruben Studdard, dan Carrie Underwood. Finalis Jennifer Hudson memenangkan Academy Award sebagai aktris pendukung terbaik untuk penampilannya dalam film musikal Dreamgirls (2006).

"American Idol" diadaptasi dari program British populer yang disebut "Pop Idol" dan dimulai  dengan nama “American Idol: The Search for a Superstar.” versi nasional lain dari "Idol" seperti  "Australia Idol," "Canadian Idol, "dan" Indonesian Idol. "