Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 14 November 2014

Cara Menghilangkan Bau Sangit pada Nasi Menggunakan Roti Putih


KaBeIn, Bagi sebagian orang yang lebih suka menanak nasi denga cara tradisional daripada menggunakan penanak nasi listrik sering mengalami nasi gosong karena terlambat mengangkat nasi ketika sudah matang. Hal ini sering terjadi, apalagi ketika Anda memasak sambil nonton acara sinetron, Anda tahu kalau nasi sudah masak setelah terciuam bau sangit. Terlambat.

Kadang kita membuang semuanya, karena merasa sudah sangit semua. Padahal tentu yang gosong hanya bagian bawahnya saja, sedang bagian atasnya masih bagus.

Dengan trik sederhana ini, Anda tidak perlu membuang semua nasi sangit tersebut. Bau gosong bisa dihilangkan dengan hanya menggunakan roti putih.

Ketika Anda menanak nasi kemudian gosong, segera angkat nasi tersebut, ambil bagian atas yang masih putih. Pindah ke panci atau wadah yang lain, ambil sepotong roti, masukkan kedalam nasi tersebut kemudian tutup selama 10 hingga 15 menit. Roti yang dimasukkan tadi akan menyerap bau gosong (sangit) pada nasi tadi. Gampang bukan? Sekarang Anda tidak perlu membuang semua keseluruhan nasi ketika gosong.

Oh, ya. Ingat dapur kalau lain kali nonton sinetron, biar hal ini tak terulang. Jangan karena Anda telah mengetahui trik dalam menangani nasi sangit, membuat Anda sering mengulanginya.