Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 18 November 2014

Cara Lengkap Membuat Air Mineral Sendiri Dirumah


KaBeIn, Air mineral memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, bukan hanya kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan mental. Untuk mengetahui manfaat lengkap dari minum air mineral, silahkan baca: Manfaat Lengkap Air Mineral untuk Fisik dan Mental

Di Indonesia sendiri air mineral identik dengan air putih kemasan, meskipun kita tidak tahu apakah air kemasan yang kita beli adalah air mineral atau hanya air putih yang dikemas.

Penting untuk diketahui bahwa air mineral berbeda dari air yang disaring. Air yang disaring hanya bebas dari kotoran dan bakteri, sedangkan air mineral murni kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium dan kalium.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya kita bisa membuat sendiri air mineral dirumah, ini juga untuk memastikan apa yang kita minum benar-benar merupakan air mineral. Ingin tahu cara pembuatan air mineral?

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat air mineral dirumah, seperti kami kutip dari laman stylecraze.com:

1. Saring Air Keran
Langkah pertama adalah dengan menyaring air keran. Anda juga bisa menggunakan alat penyaring air biasa yang banyak dijual ditoko. Ambil sekitar 1 atau 2 liter air keran, masukkan kedalam penyaring air Anda. Setelah menjadi air murni, pindahkan ke wadah yang bersih.

2. Tambahkan Baking Soda
Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan baking soda ke dalam air murni tadi. Tambahkan sekitar 1/8 sendok teh baking soda untuk 1 liter air murn. Baking soda/sodium bikarbonat pada dasarnya adalah untuk menambahkan natrium pada air.

3. Tambahkan garam Epsom
Setelah Anda menambahkan baking soda ke dalam air murni, tambahkan sekitar 1/8 sendok teh garam Epsom untuk 1 liter air murni yang tadi telah dicampur dengan baking soda. Garam Epsom bekerja seperti desinfektan dan menjaga kita dari serangan bakteri.

4. Tambahkan Kalium bikarbonat
Langkah selanjutnya adalah menambahkan kalium bikarbonat ke air campuran tadi. Kalium bikarbonat mempertahankan tekanan darah dan merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung serta mengurangi risiko serangan jantung. Tambahkan sekitar 1/8 sendok teh kalium bikarbonat ke campuran air diatas.

5. Campur dengan Baik

Cara Membuat Air Mineral Sendiri Dirumah
Alat soda siphon
Cara yang terakhir adalah dengan mencampur kesemuanya dengan baik, merata.  Anda dapat menggunakan soda siphon untuk tujuan pencampuran semua mineral agar tercampur dengan baik. Soda siphon adalah alat yang banyak digunakan untuk membuat minuman berkarbonasi (minuman soda).
Alat ini sudah banyak tersedia dipasaran, silahakan searching di internet.