Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 15 November 2014

Cara Alami dan Instan Hilangkan Luka Memar


KaBeIn, Setiap kali Anda terkena sesuatu , terjatuh atau menabrak sesuatu yang keras, Anda dapat merusak pembuluh darah kapiler yang terletak dibawah kulit Anda. Darah Anda bocor keluar dari pembuluh darah kecil meresap ke dalam jaringan sekitarnya. Ketika Anda memar, Anda akan melihat warna kulit berubah. Darah menggenang di bawah kulit, terlihat biru dan hitam dan secara bertahap warna akan terus berubah. Pertama akan berubah menjadi ungu, kemudian menjadi hijau dan kuning sebelum akhirnya benar-benar memudar.

Ya, memar luka memar akan memudar dengan sendirinya  dalam waktu sekitar lima belas hari. Tapi Anda dapat membuat proses memar tersembut menjadi singkat sehingga Anda tidak perlu merasakan rasa sakit dan bengkak lebih lama lagi.

Untuk menyingkirkan memar dengan cepat, Anda harus mengikuti tiga tahap berbeda. Tahap pertama dilakukan 48 jam setelah mendapatkan memar. Tahap kedua 48-72 jam setelah mendapatkan memar. Dan tahap selanjutnya adalah menggunakan bahan alami (pengobatan tradisional) untuk menghilangkan memar dan menyembuhkan rasa sakit, pembengkakan dan untuk menghindari bekas luka.

TAHAP I
Perawatan dengan kompres menggunakan air dingin.
Terapkan es untuk meminimalkan memar.Anda harus menerapkan es sesegera mungkin setelah mendapatkan memar. Ini juga meminimalkan perubahan warna kulit Anda. Ice juga mematikan daerah memar sehingga Anda tidak merasa sakit lebih lama.
Bahan:

- Ice pack atau es batu atau es air dingin
- Handuk tangan atau kain bersih.

Caranya:

- Cukup tempelkan kantong es atau kain dingin pada memar sekitar 8-10 menit.- Lepas setelah sepuluh menit. Berikan dulu selama sekitar 20 menit.
- Sekali lagi tempelkan es selama 10 menit.
- Ulangi langkah ini selama satu jam atau lebih.
- Kemudian istirahat selama sekitar dua jam.
- Setelah dua jam, sekali lagi ulangi kangkah yang sama.
- Terus lakukan hal ini untuk 48 jam pertama setelah Anda mengalami memar, dengan cara ini Anda akan meminimalkan tanda memar.

TAHAP II 
Perawatan dengan air panas
Setelah pendinginan memar Anda selama 24-48 jam, Anda sekarang dapat melanjutkan ke arah menerapkan panas ke daerah memar untuk meningkatkan sirkulasi dalam rangka menghilangkan darah yang terkumpul. Anda juga dapat melakukan hal-hal lain untuk meningkatkan sirkulasi di daerah memar.

Pijat area memar:
Pijat lembut pada daerah memar. Lakukan beberapa kali sehari tetapi hanya setelah 24-36 jam dari mendapatkan memar. Memijat akan membantu proses limfatik tubuh untuk menghilangkan darah yang menggenang.

Terapkan panas pada area memar
Panas dapat meningkatkan sirkulasi di daerah memar sehingga menghilangkan darah yang mengumpul. Lakukan penerapan panas ini pada 48-72 jam setelah Anda mendapatkan memar.

Anda dapat menggunakan bantal pemanas listrik untuk menerapkan panas ke daerah memar Anda. Lakukan selama 20 menit pada satu waktu. Ulangi ini beberapa kali sehari.
Anda juga dapat menerapkan kompres hangat pada daerah memar Anda.

(Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bulu Halus pada Wajah)

TAHANP III
Perawatan dengan bahan alami untuk mempercepat penyembuhan luka memar.

1. Mengompres dengan cuka
Cuka dapat meningkatkan aliran darah dekat permukaan kulit. Anda dapat menggunakan cuka untuk menghilangkan darah yang menggenang pada daerah memar.

Bahan:
- 1/4 cangkir cuka
- 2-3 gelas air hangat
- Kain bersih

Caranya:
- Campurkan cuka dengan air hangat
- Rendam kain dalam larutan ini.
- Gosok memar dengan lembut menggunakan kain ini.

2. Daun peterseli untuk menyembuhkan memar

Peterseli diyakini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit,  juga membantu memar memudar lebih cepat.

Bahan:
- Segenggam daun peterseli segar
- Perban elastis

Caranya:

- Lembutkan daun peterseli agar menjadi pasta. Terapkan keseluruh daerah memar kemudian perbanlah.