Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 21 November 2014

Biografi Wilhelm Wundt


KaBeIn, Wilhelm Wundt (1832-1920), seorang cendekiawan Jerman, dikenal sebagai bapak psikologi modern. Dia adalah ilmuwan pertama yang mempertimbangkan psikologi sebagai disiplin yang berbeda terlepas dari filsafat atau fisiologi.

Wundt menekankan penggunaan metode ilmiah dalam psikologi. Dia percaya bahwa psikologi harus dipelajari melalui eksperimen laboratorium dan introspeksi (self-observasi). Pandangannya diperluas dengan penelitian psikologis dalam bidang-bidang seperti pendidikan, pembangunan manusia, dan perilaku hewan.

Wilhelm Wundt (Image: famouspsychologists.org)
Wundt lahir pada 16 Agustus 1832, di Neckarau, dekat Mannheim. Ia belajar kedokteran dan fisiologi di universitas di Tübingen, Berlin, dan Heidelberg, di mana ia menerima gelar doktor pada tahun 1855.

(Baca Juga: Biografi A. B. Yehoshua)

Dari 1875 sampai kematiannya, ia mengajar di Universitas Leipzig, di mana ia mendirikan laboratorium pertama untuk psikologi eksperimental. Wundt menulis ratusan artikel dan buku pada berbagai mata pelajaran, termasuk filsafat, hipnosis, dan psikologi sosial. Ia meninggal pada 31 Agustus 1920.