Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 22 November 2014

Biografi Michael Phelps, Perenang Amerika


KaBeIn, Michael Phelps,  merupakan perenang Amerika dengan tingkat persaingan paling dominan dan serba bisa dalam sejarah olahraga. Phelps telah mencetak rekor dunia dalam lima gaya perorangan yang berbeda, 100 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya bebas, 200 meter gaya ganti perorangan, dan 400 meter gaya ganti perorangan. Dia juga telah menjadi bagian dari tim estafet yang mencetak rekor dunia dalam 400 meter gaya ganti, 400 meter gaya bebas, dan 800 meter gaya bebas. Phelps membuat rekor Olimpiade dengan memenangkan 22 medali. Hebatnya lagi, 18 medali emasnya sekaligus mencetak rekor Olimpiade.

Pada Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing, China, Phelps berkompetisi di lima nomor individu dan tiga nomor beregu. Dia memenangkan medali emas di semua delapan nomor, dan tujuh dari medali tersebut dengan waktu rekor dunia. Phelps menjadi atlet pertama yang pernah memenangkan delapan medali emas di nomor perorangan Olimpiade. Rekor sebelumnya adalah tujuh, dicapai oleh perenang Amerika Mark Spitz pada tahun 1972. Pada Olimpiade Musim Panas di London 2012, Phelps memenangkan empat medali emas dan dua medali perak. Pada Olimpiade 2004 di Athena, Yunani, Phelps meraih enam medali emas dan dua medali perunggu. Hanya satu lainnya peserta Olimpiade, pesenam Rusia Aleksandr Dityatin pada tahun 1980, yang pernah memenangkan delapan medali pada nomor perorangan Olimpiade.

Michael Phelps
Dalam Dunia Kejuaraan Renang di Roma, 2009, Phelps memenangkan lima medali emas, empat diantaranya dengan mencetak rekor dunia, dua di nomor perorangan individu dan dua di estafet.
Pada Kejuaraan Renang Dunia di Melbourne, Australia, 2007, ia memenangkan medali emas di semua tujuh nomor yang ia ikuti, mencatat lima rekor dunia.
Di Kejuaraan Dunia Renang di Montreal, Kanada, 2005, Phelps kembali memenangkan lima medali emas, tiga diantaranya di nomor beregu.
Pada Kejuaraan Renang Dunia di Barcelona, Spanyol, pada tahun 2003, Phelps menjadi perenang pertama yang mencetak lima rekor dunia perorangan.

Michael Fred Phelps II lahir pada 30 Juni 1985, di Baltimore. Dia mulai ikut di Olimpiade Musim Panas 2000 pada usia 15, perenang pria termuda di tim Olimpiade Amerika Serikat dalam 68 tahun terakhir. Phelps membahas karir berenangnya di buku No Limits: The Will to Succeed (2008), ditulis dengan wartawan Alan Abrahamson.