Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 07 November 2014

Berjalan Kaki Adalah Cara Menuju Sehat


KaBeIn, Berjalan kaki sudah terbukti mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan, Anda akan tetap fit dan terlindung dari berbagai penyakit hanya dengan berjalan kaki. Tapi kenyataannya banyak yang menyepelekan manfaat berjalan kaki, bahkan dengan adanya sepeda motor, mobil dan angkutan membuat kita lupa berjalan kaki. Kita lupa bahwa kaki untuk berjalan, bukan untuk menekan pedal gas atau rem.

Kita mungkin hanya berjalan kaki ketika dirumah, itu juga dari ruang tamu ke kamar mandi. Dan ketika keluar hanya untuk membeli sesuatu ditempat yang tidak jauh, kita lebih memilih naik motor daripada berjalan kaki. Kalau sudah seperti ini kapan kita bisa mendapatkan manfaat penting dari berjalan kaki.

Manfaat kesehatan dari berjalan setiap hari
Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan nyaman. Berjalan 1-2 kilometer dapat membantu seseorang menurunkan hingga 100 kalori. Berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa manfaat kesehatan dari berjalan kaki meliputi:

· Membantu mengontrol berat badan
· Meningkatkan sirkulasi darah
· Mencegah penyakit kritis seperti kanker
· Menguatkan jantung dan fusngi paru-paru

Lalu, mengapa tidak semua orang suka berjalan kaki?
Beberapa alasan orang tidak berjalan kaki seperti kurangnya waktu karena mereka teralu sibuk, jam kerja yang panjang serta ketika berjalan kaki waktu perjalanan menjadi lebih lama.

Alasan lainnya adalah karena kemanan dan infrastruktu. Masalah keamanan membuat orang menghindari berjalan kaki. Sedangkan alasan infrastruktur meliputi kurangnya sarana berjalan kaki.

Namun, penting untuk dicatat bahwa alasan diatas masih bisa diatasi. Pemerintah harus ikut campur tangan untuk memecahkan masalah infrastruktur terkait, mungkin dengan membuat lebih lagi trotoar dan taman akan memecahkan ini. Jika kita melihat negara-negara di Barat, berbagai pemerintah di sana telah menerapkan perubahan tersebut untuk mempromosikan kesehatan yang baik. Disiplin diri dan  dapat membantu seseorang dalam mengelola waktu.

Sedangkan untuk masalah keselamatan harus dipecahkan juga, seperti berjalan kaki lah di tempat yang tidak banyak kendaraan bermotor, berjalan kaki ditaman yang aman, berjalan kaki ketika membeli sesuatu, dan masih banyak lagi berjalan kaki yang aman.

(Baca Juga: Cara Atasi Rasa Kantuk di Kantor)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendorong diri sendiri untuk mulai berjalan kaki secara teratur dan itu dimulai dengan motivasi dari dalam.

Jadi, dari mana Anda mulai?
Titik awal yang baik adalah menjadikan kaki sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Untuk memulainya, berjalan kaki tidak perlu direncanakan. Mulai sekarang Anda bisa melakukan kebiasaan sehari-hari dengan tidak melupakan kaki Anda. Berjalan kaki  ke toko untuk membeli bahan makanan. Berjalan kaki ke tempat kerja jika memungkinkan. Hindari penggunaan kendaraan bermotor untuk jarak pendek. Perubahan kecil seperti ini dapat membantu Anda mencapai tujuan besar. Berjalan merupakan pilihan olahraga yang paling mudah dan menyehatkan dibandingkan dengan pilihan olahraga yang lebih berat lainnya.

Jadi, sudahkan Anda berjalan kaki hari ini?