Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 14 November 2014

Ayo Klaim! Semua Kecelakaan Lalu Lintas Akan Mendapatkan Santunan Jasa Raharja


KaBeIn, Biasanya masyarakat kelas menengah kebawah langsung panik ketika mengalami kecelakaan lalu lintas, utang kanan kiri untuk mencari biaya pengobatan atau untuk lainnya. Banyak yang tidak tahu bahwa semua kecelakaan lalu lintas akan diberi asuransi oleh negara melalui Jasa Raharja.

Semua kerugian yang dialami oleh pihak korban akan ditanggung oleh Jasa Raharja. Bahkan ketika ada seorang pejalan kaki yang tertabrak kendaraan sekalipun, dia berhak menerima asuransi Jasa Raharja.

Asuransi Jasa Raharha (ANTARA FOTO/Basri Marzuk)
Dari mana dananya?
Dana Jasa Raharja didapat ketika Anda mendaftar STNK (membeli kendaraan) atau ketika meregistrasi ulang, disitu ada pungutan untuk Jasa Raharja. Jadi sebenarnya kita semua (yang punya kendaraan) pernah membayar premi asuransinya. Juga ketika kita membeli tiket, harga tiket sudah termasuk premi.

Berapa yang didapat?
Korban yang mengalami cacat permanen atau meninggal akan menerima 25 juta rupiah untuk kendaraan darat dan laut. Sedangkan untuk udara korban meninggal atau cacat permanen akan mendapat 50 juta rupiah.

Khusus bagi korban meninggal tentu akan diserahkan pada ahli waris, sedang jika tidak ada ahli waris akan digunakan untuk penguburan korban tersebut.

Tidak boleh lebih dari enam bulan.
Santunan akan gugur jika korban tidak mengklaimnya lebih dari enam bulan atau pihak Jasa Raharja telah menyutujui klaim tersebut tapi korban tidak menagihnya.

Namun bisa saja pihak Jasa Raharja mendatangi langsung ke pihak korban, biasanya untuk hal ini mereka akan bekerja sama dengan kepolisian yang memang mengetahui kecelakaan tersebut.

Jika ada orang dekat Anda mengalami kecelakaan lalu lintas, segeralah klaim asuransi ke kantor Jasa Raharja terdekat di kota Anda. Karena memang sudah ada dananya.

Apa persyaratan klaimnya?
Anda datang saja dulu ke kantor terdekat, nanti mereka akan memberi tahu apa saja yang diperlukan. Intinya ayo klaim! Jangan hanya diam saja. (sumber: metrotvnews.com)