Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 21 November 2014

Apakah Pare Dapat Menurunkan Berat Badan dengan Baik?


KaBeIn, Ingin menurunkan beberapa kalori dari tubuh Anda? Atau ingin mempunyai tubuh yang ramping dan bugar? Tapi tidak punya waktu untuk pergi ke gym? Yah, kami punya solusinya. Ada beberapa cara selain pergi ke gym yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Minum pare adalah salah satu pilihan sehat untuk membantu Anda menurunkan berat badan tanpa efek samping. Untuk hasil maksimal, Anda bisa mengkonsumsi pare ini sebagai jus pare.

Dalam artikel di bawah ini, kita akan menggali lebih jauh bagaimana pare yang rasanya pahit ini berguna dalam proses penurunan berat badan dan bagaimana mengkonsumsi sayuran ini.

Dibeberapa negara sayuran pahit ini mempunyai beragam nama lokal, seperti bitter melon, bitter gourd, goya dan lain sebagainya. Di Indonesia kita sering menyebut sayuran ini sebagai pare. Sayuran ini berwarna hijau, tapi ketika saudah masak berwarna kuning.

Pada awalnya, pare dibudidayakan oleh suku-suku dari hutan hujan Amazon. Dan kemudian menyebar ke pertanian Asia, Amerika Selatan, Afrika dan Karibia. Sejak pertama kali dibudidayakan, pare digunakan untuk makanan dan juga sebagai obat.

Apa yang Membuat Pare Berguna Untuk Berat Badan?
Pare memiliki zat yang menurunkan dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda. Hal ini juga mencegah tubuh anda dari menyerap gula tambahan. Selain itu, pare meningkatkan jumlah sel-sel beta di pankreas Anda. Sel-sel ini terlibat dalam mensekresi insulin. Jika tingkat insulin naik tinggi, tingkat gula darah menurun. Hal ini akhirnya mengarah pada penurunan berat badan.

Jus pare dapat membantu dalam menurunkan berat badan (Image: Shutterstock)
Cara Membuat Jus Pare:

Berikut adalah beberapa resep pare yang bisa Anda coba di rumah:

1. Campuran Pare dengan Buah Dan Sayuran Lain:
Bahan:

-1 pare
- 2 batang seledri
- 2 atau 3 apel
- 1 mentimun
- 1 lemon yang sudah dikupas

Caranya:

- Potong pare menjadi dua bagian, Sekarang, ambil dengan sendok semua biji sayuran.
- Potong buah-buahan dan sayuran lainnya. Canpurkan semuanya termasuk pare dalam blender.
- Jika Anda mendapati jus terlalu pahit, Anda dapat menambahkan lebih banyak buah.
- Anda juga dapat mengganti buah-buahan lain sesuai selera

2. Hanya Pare
Bahan: tentunya hanya menggunakan sebuah pare

Caranya:

- Ambil pare dan buang kulitnya. Pastikan Anda melepas kulitnya tidak dengan pengupas, tapi dengan pisau. Buang biji pare beserta lendirnya, kemudian potong-potong dan petakkan dalam mangkuk penuh air. Biarkan rendam selama sekitar tiga puluh menit.
- Tambahkan ½ sendok teh (sdt) garam ke mangkuk tersebut. Atau  ½ sdt jus lemon.
- Masukkan pare ke juicer. Anda juga dapat menambahkan lemon atau jus apel untuk menunukan tingkat kepahitan. Jika Anda sangat takut akan rasa pahit jus tersebut, Anda bisa menambahkan sedikit madu dan lada hitam.
- Aduk secara merata menggunakan juicer.

Jus sehat Anda-pun sudah siap. Tapi jangan menggunakan saringan untuk menyaring potongan-potongan sayuran. Pada tahap akhir, simpan lebih dulu jus pare dalam kulkas selama 1 sampai 2 jam. Dan sekarang, yang harus Anda lakukan adalah minum jus pare untuk lebih dekat dengan menurunkan berat badan.