Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 21 November 2014

Apakah Benar Mulut Kering Gejala dari Diabetes?


KaBeIn, Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah mungkin ada hubungan antara mulut kering dan diabetes? Dan bagaimana jika mulut kering ternyata memang gejala dari diabetes?

Mulut kering dan diabetes adalah dua masalah yang berbeda, tidak ada keraguan tentang itu. Tapi apakah keduanya memiliki hubungan? Dalam posting ini, Anda akan menemukan jawaban atas semua pertanyaan tersebut. Dan lagi, Tuhan melarang kita untuk memiliki diabetes!

Mengetahui lebih awal sebelum terlambat dari gejala diabetes memungkinkan Anda untuk mendapatkan perawatan pada waktu yang tepat. Nah, jadi mulut kering adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan.

Mulut kering adalah gejala serta penyebab dari diabetes dan juga sebaliknya (Image: Shutterstock)
Diabetes Dan Mulut kering

Diabetes adalah kondisi medis di mana tingkat glukosa dalam darah meningkat drastis. Ini membutuhkan perhatian medis segera, karena dapat menyebabkan gagal jantung, gagal ginjal dan kerusakan hati jika dibiarkan tanpa pengawasan. Diabetes mempunyai dua jenis - diabetes Tipe 1 diabetes Tipe 2.

Disisi lain, mulut kering adalah kondisi mulut yang ditandai dengan penurunan atau tidak adanya air liur. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan berbicara jika tidak diperiksa pada waktunya. Kadang-kadang, mulut kering merupakan gejala diabetes. Dan bahkan ada kasus-kasus tertentu ketika mulut kering menjadi pasti penyebab diabetes.

Fakta Tentang Diabetes:

Diabetes adalah suatu kondisi kesehatan yang memerlukan pengelolaan yang baik kadar glukosa darah.

Berikut adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang diabetes:

1. Diabetes tipe 1 disebut juga sebagai diabetes mellitus. Ini adalah hasil dari penghancuran sel beta (sel-sel yang bertanggung jawab untuk sekresi dan pengelolaan insulin) dari tubuh. Insulin mengatur kadar glukosa darah pada manusia. Tidak adanya sel-sel beta membuat tubuh kekurangan insulin. Dengan demikian, kadar gula darah meningkat drastis dan menyebabkan diabetes tipe 1.

2. Diabetes tipe 2 adalah hasil dari konsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan. Asupan ini begitu tinggi sehingga semua gula tidak dimetabolisme, yang dapat menyebabkan kelebihan gula. Penyebab lain dari diabetes tipe 2 adalah karena kurangnya aktivitas fisik.

3. Diabetes tipe 1 tidak dapat diatasi dengan diet atau dengan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Perlu suplemen insulin buatan untuk diberikan kepada tubuh untuk menjaga kadar gula di bawah kontrol.

4. Diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan diet. Bisa juga diatasi dengan mengatur tingkat metabolisme tubuh. Peningkatan tingkat metabolisme akan membuat metabolisme gula menjadi baik.

5. Namun, kedua jenis diabetes tersebut tidak dapat diobati atau diatasi dari rumah. Mereka membutuhkan obat-obatan yang tepat dan bimbingan para medis untuk tetap di bawah kontrol.

Penyebab Dan Gejala Diabetes

Berikut ini penyebab dari diabetes:

1. Diabetes dapat disebabkan karena diet tidak seimbang dan tidak tepat yang banyak mengandung gula yang sulit dimetabolisme.

2. Diabetes juga merupakan hasil dari obesitas dan kurangnya aktivitas fisik.

3. Gejala yang paling umum dari diabetes adalah dehidrasi, mulut kering, sering buang air kecil, obesitas, penurunan berat badan dan peningkatan rasa lapar.

(Baca Juga: Cara Membuat 3 Jenis Scrub Garam untuk Kecantikan Wajah)

Fakta Tentang Mulut Kering:

Mulut kering adalah kondisi mulut yang ditandai dengan penurunan atau tidak adanya air liur. Mungkin terlihat lumrah tetapi tidak boleh diabaikan.

Berikut ini fakta tentang mulut kering:

1. Mulut kering dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti makanan tidak terpecah dengan benar tanpa adanya air liur.

2. Langkah pertama metabolisme gula terjadi di mulut, air liur memecah pati menjadi gula sederhana.

3. Tidak adanya air liur mengganggu metabolisme gula yang dapat menyebabkan diabetes.

4. Mulut kering dapat menyebabkan kekurangan gizi. Hal ini terutama terjadi karena makanan tidak tercerna dengan baik. Tubuh tetap kekurangan vitamin dan nutrisi. Oleh karena itu, perlu perhatian medis untuk menemukan penyebab sebenarnya dan pengobatan mulut kering.

Penyebab Mulut Kering:

Meskipun umum, penyebab mulut kering bervariasi. Berikut adalah penyebab terjadinya mulut kering:

1. Mulut kering kadang-kadang bisa disebabkan oleh obat yang sedang dikonsumsi.

2. Mulut kering bisa juga disebabkan karena sleep apnea, arthritis, diabetes dan gangguan makan.

3. Mulut kering kadang-kadang disebabkan radiasi yang diberikan kepada pasien kanker.

4. Pembuluh ludah yang terhalang juga dapat menyebabkan mulut kering yang membuatnya sangat sulit untuk makan.

5. Stres dan depresi juga bisa mengakibatkan mulut kering. Stres dan depresi membuat ketidakseimbangan hormon. Hal ini menyebabkan mulut kering.

Fakta paling menarik tentang kondisi kesehatan ini adalah - mulut kering adalah gejala serta penyebab dari diabetes dan juga sebaliknya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yang tepat untuk diagnosis yang akurat.

Jadi, jika suatu saat Anda cenderung memiliki mulut kering untuk jangka waktu lama, lebih baik Anda tidak mengabaikan masalah ini dan segera ambil tindakan. Langsung periksa ke dokter! Tentu saja, kesehatan Anda lebih penting daripada apa pun, bukan? (kredit:stylecraze.com)