Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 09 November 2014

Apa Itu Sinus? Kenapa Bisa Menyebabkan Sakit Kepala Sinus? Dan Bagaimana Cara Mengobati Sakit Kepala Sinus?


KaBeIn, Sakit kepala sinus sekarang dianggap sebagai penyakit umum yang mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia. Ini adalah sakit kepala yang digabungkan dengan sinusitis. Membran yang melapisi sinus Anda meradang dan kondisi ini dikenal sebagai sakit kepala sinus. Anda mungkin mengalami sedikit sakit pada pipi, dahi dan mata.

Anda juga akan mengalami nyeri antara mata dan bagian tepat di atas hidung. Sakit kepala sinus dapat berkisar dari sakit normal, sakit parah dan kadang-kadang juga dapat menjadi masalah yang sulit untuk diobati. Kebanyakan orang bingung tentang penyakit ini, karena terlihat mirip dengan migrain. Mengetahui jenis sakit kepala sangat baik agar memperoleh penanganan dan cara mengobatinya sesuai dengan gejala penyakit tersebut.

Penyebab dari Sakit Kepala Sinus
Penyebab utama sakit kepala sinus adalah infeksi rongga sinus oleh bakteri atau virus.

* Ketika infeksi seperti reaksi dingin atau alergi seperti demam terjadi, ini akan mempengaruhi rongga hidung dan sinus menyebabkan pembengkakan di hidung dan peradangan pada sinus. Hal ini mengurangi kemampuan pengeringan sinus dan cairan sinus dalam rongga, menyebabkan sakit kepala sinus dan sakit di daerah frontal dan bawah mata.

* Mandeknya cairan mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan virus di dalamnya.

* Kadang-kadang, infeksi jamur juga menyebabkan infeksi sinus dan sakit kepala sinus.

* Sinus maksilaris di bawah mata dan terletak di dalam tulang pipi, infeksi gigi dapat menyebar sampai ke sinus dan menyebabkan sakit kepala sinus.

Gejala Sakit Kepala Sinus
Beberapa gejala utama sakit kepala karena terjadi tekanan pada sinus termasuk:

1. Nyeri dan tekanan di daerah sinus yang terkena seperti dahi, tulang pipi, hidung, dsb

2. Rasa sakit alan lebih terasa bila kita banyak menggerakkan kepala

3. Nyeri disertai dengan gejala seperti keluarnya cairan hidung, pembengkakan wajah, demam, dll

4. Pada infeksi yang parah bisa saja keluar carian kuning kehijauan dari hidung.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

(Baca Juga: Fakta LENGKAP Virus Ebola, Gajala dan Pengobatan virus Ebola)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Sakit Kepala Sinus?
Ada banyak suplemen alami yang dapat diambil untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit terkait dengan infeksi sinus. Berikut ini beberapa suplemen yang dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala sinus.

1). Suplemen bromelain berasal dari nanas, sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan gejala lain dari sakit kepala sinus.

2). Quercetin, suatu flavanoid dalam buah-buahan dan sayuran memiliki anti-histamin dan anti-inflamasi dan dapat mengurangi pelepasan histamines yang menyebabkan pembengkakan. Sehingga mengurangi peradangan dan tekanan pada sinus.

3). Untuk meningkatkan efek anti -inflammatory suplemen ini, lebih baik untuk menggunakan bromelain dalam kombinasi dengan quercetin.

Sakit kepala sinus juga bisa diobati secara efekti dengan menggunakan pengobatan alami yang tentu lebih aman. Ingin tahu cara mengobati sakit kelapa karena sinus dengan bahan alami? Silahkan baca: (Cara Mengobati Sakit Kepala Sinus dengan Bahan Alami)