Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 20 November 2014

Ahok Akhirnya Dilantik Jadi Gubernur DKI


KaBeIn, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Rabu melantik Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama sebagai gubernur baru Jakarta ditengah protes dari para pendukung calon presiden yang kalah, Prabowo Subianto, dan kelompok garis keras FPI (19 Nov 2014).

Ahok menggantikan Jokowi sebagai gubernur setelah Jokowi dilantik sebagai presiden pada bulan Oktober 2014. Penggantian tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.

Upacara pelantikan berlangsung di Istana Negara dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, anggota kabinet dan para pemimpin senior dari lembaga negara lainnya. Turut hadir mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, yang juga ketuka Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), partai yang ikut menghantarkan Jokowi menjadi presiden dan mendukung Jokowi dan Ahok menjadi gubernur dan wakil gubernur sekitar dua tahun lalu.


Dalam pelantikan tersebut tidak ada satu-pun anggota DPRD dari koalisi Prabowo yang datang ke acara pelantikan, mereka juga siap untuk mengambil tindakan hukum untuk membatalkan pelantikan ini.

Beberapa kelompok Islam yang dipimpin oleh FPI, menggelar aksi protes di luar Istana Negara saat upacara pengambilan sumpah gubernur sedang berlangsung. Selama beberapa bulan mereka mengadakan demonstrasi jalanan terhadap Ahok, mengatakan bahwa dia sombong dan bahwa tindakannya bertentangan dengan Islam.

Setelah Ahok mengambil sumpahnya, dan untuk menyenangkan semua orang yang hadir, Jokowi mendekatinya dan dua orang ini berjabat tangan dengan hangat. Jokowi kemudian menepuk Ahok di bahu sambil membisikkan sesuatu, suatu sikap kedekatan pribadi.

Sementara itu, pengamat mengatakan Ahok sedang menghadapi tantangan yang begitu besar ke depan terutama banjir yang menghancurkan Jakarta, kemacetan lalu lintas dan kemiskinan perkotaan. Gubernur juga akan berurusan dengan anggota dewan yang menentangnya.