Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 19 November 2014

9 Alasan Kenapa Anda Harus Mencoba Pomelo (Jeruk Bali)


KaBeIn, Buah asli Asia Tenggara ini telah diperkenalkan sampai ke penjuru dunia seperti di California, Florida dan Hawaii Amerika Serikat. Disetiap negara jeruk ini mempunyai sebutan sendiri, di Indonesia kita biasa menyebutnya dengan jeruk Bali, kemudian tetangga kita, Malaysia menyebutnya dengan limau besar, Perancis chadec dan lain sebagainya.

Jeruk ini juga sarat akan manfaat, berikut ini kami berikan alasan kenapa Anda harus mencoba jeruk bali ini:

1. Rendah Kalori dan Rendah Lemak
Pomelo memiliki nol lemak dan 72% kalori per cangkir / 190 gram. Kebanyakan orang telah mendengar tentang Grapefruit Diet, yang populer di Hollywood pada 1930-an, dan populer kembali pada 1970-an. Kedua jeruk ini mengandung enzim pembakaran lemak, yang secara teori meningkatkan keberhasilan para pelaku diet. Diet dengan cara ini mempromosikan asupan yang sangat rendah kalori, dan makan jeruk sebelum makan.

2. Serat
Pomelo memiliki kandungan serat dari 8% nilai harian atau DV. The Food and Drug Administration menjelaskan DV sebagai persentase asupan harian yang direkomendasikan untuk nutrisi orang dewasa dan anak-anak usia 4 tahun keatas. Makan serat rendah kalori akan menciptakan perasaan penuh di perut Anda dan membuat makan lebih sedikit. Makan serat juga membuat perut Anda sehat dan mencegah kanker usus besar.

3. Vitamin C
Buah jeruk berkembang dengan vitamin C, begitu juga dengan jeruk Bali. Pomelo menyediakan 193% DV vitamin C. Studi terbaru menunjukkan vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh ketika melemah akibat stres. Dan meskipun Vitamin C tidak dapat menyembuhkan flu biasa, tapi dapat mencegah dari berkembangnya komplikasi dingin tambahan seperti infeksi paru-paru atau pneumonia. Orang dengan konsentrasi tinggi vitamin C dalam darah memiliki resiko 42% lebih rendah terkena stroke. Vitamin C telah terbukti membantu dalam degenerasi makula, inflamasi, kanker dan kerusakan jantung.


4. Kesehatan Jantung
Pomelo memiliki 410 mg kalium per porsi, yang seperti Vitamin C berperan dalam mendukung hati. Tidak ada DV untuk kalium namun 4700 mg per hari dianggap memadai. Mineral penting ini mengatur tingkat tekanan darah. Mengandung banyak pektin, pomelo mampu membersihkan deposito arteri yang terakumulasi dalam tubuh, sehingga mengurangi kotoran dan menguntungkan penderita hipertensi.

5. Melawan kanker
Orang Cina menggunakan kulit jeruk Bali di banyak hidangan. Kulit buah ini sangat kaya akan bioflavonoid. Kandungan ini sangat membantu dalam mengurangi masalah pankreas, usus dan kanker payudara. Bahkan, dapat menghentikan sel-sel kanker dari penyebaran lebih lanjut. Kulit pomelo mengandung banyak bioflavonoid yang membantu dalam memerangi sel kanker. Mencegah penyebaran sel-sel kanker payudara terutama dengan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan kelebihan estrogen.

6. Antioksidan
Pomelo sarat dengan antioksidan yang dipercaya membantu memperlambat proses penuaan dan melindungi terhadap beberapa penyakit - termasuk penyakit jantung dan kanker - karena mereka membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas.

(Baca Juga: Manfaat Kesehatan dari Apel Hijau)

7. Anti-penuaan
Grapefruits dan kemungkinan juga pomelo adalah buah yang dikenal mengandung spermadine, yang juga ditemukan dalam sperma manusia. Sebuah studi berbasis laboratorium menemukan spermidine dapat melindungi sel-sel dari proses yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan sel.

8. Obat
Saat dikunyah perlahan-lahan, pomelo dapat menyembuhkan mabuk. Orang Filipina menggunakannya sebagai obat penenang saraf. Orang Cina menggunakan seluruh tanaman untuk membuat obat yang menyembuhkan batuk, mabuk kendaraan dan gangguan pencernaan.

9. Ketersediaan
Pomelo tersedia di sebagian besar pasar Asia atau Amerika Latin di sepanjang tahun. Jadi saat ini Anda tidak perlu kawatir akan stock mereka.