Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 15 November 2014

8 Metode Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah (Kelebihan dan Kekurangan)


KaBeIn, Setiap wanita ingin wajahnya terlihat cantik, lembut dan halus dan tanpa rambut wajah (bulu wajah). Pertumbuhan rambut halus pada wajah adalah alami. Namun, ketika tumbuh terlalu lebat di leher, dagu, atas bibir, pipi atau dahi, bisa membuat malu dan kurang percaya diri

Pertumbuhan rambut wajah yang berlebih dikarenakan perubahan tingkat hormon dalam tubuh, siklus menstruasi yang tidak teratur, obat-obatan dan karena perubahan hormonal selama kehamilan.

Sudah ada banyak metode untuk menghilangkan bulu halus pada wajah, dari kesemuanya terdapat kekurangan dan kelebihan dari masing-masing metode. Silahkan Anda pilih yang mana.

Berikut ini beberapa metode menghilangkan rambut pada wajah:

1. Waxing
Kelebihan:
Metode ini bisa dilakukan dirumah atau di salon kecantikan. Metode ini sangat mudah dan tergolong murah. Waxing juga akan menghilangkan rambut sampai akar-akarnya. Sekarang ada pilihan waxing terbaru seperti waxing cokelat dan mangga yang relatif tidak menimbulkan rasa sakit.

Kekurangan:
Waxing dapat menyebabkan alergi kulit, metode ini rentan terhadap gatal, kemerahan pada kulit, dan jerawat atau infeksi pada folikel rambut. Selain itu, ketika Anda melakukan proses ini berulang-ulang, ada kemungkinan kulit Anda menjadi longgar dan kendor.

2. Pisau cukur
Kelebihan:
Metod ini mudah digunakan, murah, dan tidak ada keahlian khusus yang diperlukan untuk menggunakan ini.

Kekurangan:
Jika dilakukan dengan tidak benar, dapat menyebabkan luka, juga bisa mengakibatkanrambut tubuh kedalam (pseudo folikulitis) yang dapat mengakibatkan infeksi. Anda juga harus sering menggunakan metode ini, setidaknya seminggu sekali, cukup sering bukan? Menggunakan pisau cukur juga menyebabkan iritasi kulit.

3. Epilators
Kelebihan:
Metode ini meminimalisir kerusakaan pada kulit bila dibanding dengan metode lain, penggunaanya juga sangat mudah. Dan tentu, ini murah.

Kekurangan:
Metode ini hanya mampu menyisihkan 88% dari rambut dan tidak dapat menghilangkan rambut yang sangat halus. Cara ini juga tidak mampu untuk menghilangkan rambut dari akar dan karenanya lebih cepat tumbuh lagi

4. Threading / Dengan benang
Kelebihan:
Ini adalah salah satu metode termurah untuk menghilangkan rambut wajah

Kekurangan:
Jika tidak dilakukan oleh orang yang berpengalaman, cara ini sangat menyakitkan. Pada sebagian wanita akan mengalami kulit kemerahan untuk beberapa waktu. cara ini juga tidak dapat menghapus rambut wajah sampai ke akar, sehingga cepat tumbuh kembali. Anda harus menjalani threading setiap beberapa hari dan ini berarti Anda harus menderita sakit setiap beberapa hari.

5. Bleaching / Pemutihan
Kelebihan:
Menyamarkan rambut dan membaut rambut tidak tampak. Anda dapat membuat warna rambut yang senada dengan warna kulit Anda sehingga tidak kentara. Metode ini juga gampang, bisa Anda lakukan dirumah dan efeknya lumayan lama, bisa bertahan selama beberapa minggu.

Kekurangan:
Metode ini tidak menghilangkan rambut, hanya menyamarkan saja. Mengekspos kulit terhadap sinar matahari selama satu jam setelah pemutihan dapat menyebabkan iritasi kulit. Bleaching bukanlah solusi bagi wanita dengan rambut wajah yang tebal. Bleaching secara rutin dapat menyebabkan kerusakan kulit yang diakibatkan adanya bahan kimia dalam pemutih.

6. Krim penghapus rambut
Kelebihan:
Cara ini mudah dan murah.

Kerugian:
Cara ini menghilangkan rambut sangat dangkal, dan Anda harus sering-sering mengaplikasikan krim ini. Anda akan menghabiskan waktu beberapa kali untuk mengerjakan metode ini. Pada beberapa wanita, bahan kimia yang digunakan untuk hair removal ini dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit gelap dan alergi.

(Baca Juga: Cara Alami Meningkatkan Metabolisme)

7. Menggunakan metode Laser
Kelebihan:
Ini adalah salah satu metode yang paling aman dan paling efektif untuk menghilangkan secara permanen rambut dari tubuh. Metode ini tidak menyebabkan infeksi atau meninggalkan bekas. Hasilnya tahan lama.

Kekurangan:
Metode ini mahal, tidak semua orang bisa mencobanya. Prosedur ini juga menyakitkan dan berisiko. Orang dengan kulit kecokelatan atau gelap rentan terbakar oleh laser. Ini bukan metode yang efektif untuk orang dengan ketidakseimbangan hormon

8. Menghilangkan rambut wajah dengan bahan Alami
Kelebihan:
Mudah, murah, dan tanpa efek samping sama sekali. Efeknya juga lama.

Kekurangan:
Hampir tidak ada kekurangan dalam metode alami ini, semuanya non kimia dengan bahan yang bisa kita temukan didapur atau disekitar kita.

Kami sangat merekomendasikan cara alami ini untuk menghilangkan rambut wajah. Penasaran ingin tahu cara menghilangkan rambut halus pada wajah dengan bahan alami? Silahkan baca: Cara Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah.