Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 14 November 2014

6 Manfaat Menakjubkan dari Kapur Barus yang Akan Membuat Anda Terkejut


KaBeIn, Anda mungkin sering melihat kapur barus terselip dikamar, lemari atau dapur. Banyak diletakkan juga di lemari baju untuk menghindari berbagai serangga. Ada juga yang menggunakannya sebagai aromaterapi. Tapi apakah Anda pernah berpikir ini bahwa kapur barus ini mempunyai manfaat lain?

Kapur barus mangandung sifat obat. Bahkan Ayurveda (pengobatan India) selalu mengakui manfaat kampur barus dengan merekomendasikan untuk menggunakan di beberapa obat. Sayangnya kebanyakan orang tidak menyadari kegunaan kapur barus ini. Padahal kapur barus bisa membantu menyembuhkan beberapa gangguan dalam tubuh dan masalah kulit lainnya.

Secara tradisional, kapur barus dibuat dari penyulingan kayu pohon kamper. Dengan bau yang kuat dan rasa pahit, cukup dingin ketika disentuh. Seiring dengan ini, juga dikenal memiliki emolien, ekspektoran, dan sifat anestesi.

Ingin tahu apa saja manfaat dari kapur barus? Berikut ini kami sampaikan, seperti dilansir dari stylecraze.com: (semua aplikasi penyembuhan menggunakan kapur barus dalam daftar dibawah ini adalah dengan dihirup atau di oles, BUKAN DITELAN)

1. Menyembuhkan Masalah Kulit
Sifat anti-inflamasi kapur barus dapat mengobati masalah kulit tertentu seperti jerawat, gatal, dan ruam kulit. Juga membantu menyembuhkan luka bengkak. Kapur barus banyak digunakan untuk membuat salep anti-gatal.

2. Mengobati batuk
Menghirup kamper menyembuhkan batuk dan masalah pernapasan lainnya. Baunya bertindak sebagai dekongestan nasal dan membuka aliran udara. Dengan uap air panas, kapur barus dapat mengendalikan iritasi yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan.

3. Mengurangi Infeksi jamur
Kapur barus sangat efektif mengobati infeksi jamur dan virus kulit. Larutkan dalam air dan aplikasikan pada daerah yang terkena infeksi. Bahkan dalam kasus-kasus ekstrim dermatitis neuro, dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi gatal parah.

4. Efektif Untuk Osteoarthritis
Kapur barus digunakan sebagai bahan dalam krim yang dapat mengobati sendi kaku. Bersama Kapur barus mengurangi osteoartritis lebih cepat. Jadi kapur barus adalah obat yang efektif untuk nyeri sendi.

(Baca Juga: Manfaat Lada Putih untuk Kesehatan)

5. Mengobati Asma
Bau kapur barus putih telah terbukti untuk meringankan asma. Menghirup kapur barus dapat mengurangi masalah pernapasan tersebut.

6. Penggunaan Obat Lain
Selain ini, kapur barus juga digunakan untuk beberapa kegunaan obat lainnya. Ini termasuk bantuan dari luka bakar ringan, obat tetes telinga, mengobati kutil, asam urat, rematik, wasir, dan luka dingin dengan menghirup atau dioles.

Kapur barus memang sangat efektif untuk digunakan sebagai bahan penyembuhan. Tapi kapur barus juga mempunyai samping beracun. Sehingga hindari konsumsi kapur barus. Hindari juga pengaplikasian pada kulit rusak. Menelan kapur barus dapat dapat mengakibatkan masalah yang serius. Asupan dalam dosis besar dapat merusak kesehatan Anda dan dapat menyebabkan kejang.