Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 11 November 2014

6 Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari Ketika Menstruasi


KaBeIn, Stress, mood yang tidak menentu, perut kembung, perih, dan berbagai keadaan tidak nyaman lainnya pasti wanita rasakan ketika mereka mendapatkan menstruasi. Dan mereka harus melalui hal ini setiap bulannya secara rutin!

Banyak sekali faktor yang akan memperburuk situasi tidak nyaman tersebut, salah satunya karena makanan yang And konsumsi. Untuk itulah saat haid datang sebaiknya ada makanan yang tidak dikonsumsi lebih dulu. Menahan untuk melahap mereka, sampai haid Anda tuntas.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini 6 makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika haid.

1.Alkohol
Minum beralkohol akan membuat darah encer yang akan meningkatkan aliran darah sehingga membuat rasa tidak nyaman semakin menjadi. Alkohol juga memicu perut kram ketika menstruasi. Sebenarnya tanpa mengalami menstruasi-pun, Anda harus meninggalkan minuman ini.

2. Gula
Mengkonsumsi gula dapat meningkatkan kondisi kram pada perut saat haid. Terutama makanan dengan gula buatan. Jika Anda tidak sanggup puasa gula, maka ganti saja dengan buah-buahan manis seperti apel, mangga atau melon.

3. Kopi Efek kafein dalam kopi dapat menyulitkan Anda ketika tidur yang tentunya akan menambah rasa tidak nyaman ketika haid. Kafein juga telah terbukti membuat haid tidak teratur. Meskipun bagi penggila kopi akan sulit meninggalkannya, tapi alangkah baiknya untuk menahan kopi selama menstruasi.

4. Makanan olahan
Makanan olahan seperti makanan kaleng, keripik, dan makanan ringan lainnya mempunyai kandungan natrium yang berlebih, ini akan membuat perut menjadi kembung dan meningkatkan rasa tidak nyaman.

5. Es krim
Es krim, keju dan krim adalah produk susu yang tinggi akan lemak, menimbulkan peradangan dan mood berubah-rubah.

(Baca Juga: Cara Alami Mengobati Bibir Pecah-pecah)

6. Daging
Ini adalah makanan utama yang harus Anda hindari ketika menstruasi bila dibandingkan dengan semua makanan diatas. Lemak yang ada pada daging sebenarnya adalah lemak jenuh yang dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Anda bisa mengganti konsumsi daging ketika menstruasi dengan daging ikan.