Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 10 November 2014

6 Etika Bermain Facebook Untuk Setiap Pengguna Facebook


KaBeIn, Di dunia kita cara untuk berkomunikasi saja sudah berevolusi. Ketika jaman dulu berkomunikas harus berhadapan, tapi sekarang kita bisa menggunakan beberapa teknologi mutakhir yang telah ditemukan. Salah satunya berkomunikasi menggunakan Facebook.

Mengingat komunikasi telah berevolusi, tentunya basa-basi atau etika juga berevolusi. Dengan tetap mempunyai etika dalam bermain Facebook, maka kita juga akan tetap menjaga kesopanan kita, membuat kita tetap menghormati kontak kita. Berikut ini beberapa etika terpenting dalam bermain Facebook.

1. Jangan posting hal yang terlalu pribadi
Update status hanya menuliskan kalau Anda habis putus cinta menunjukkan bahwa Anda tidak profesional.

2. Jika ragu, kirim pesan
Jika anda ingin menanyakan hal pribadi pada seseorang, gunakan message. Jangan menyanyakan hal pribadi di wall mereka.

3. Respon komentar.
Balas komentar seseorang yang mengomentari status Anda. Jangan membiarkannya menggantung. Anda telah memposting status tentu harus bertanggung jawab membalas respon dari audiens. Responlah walah hanya menekan tombol like jika komentar mereka bukan pertanyaan.

4. Sesuaikan.
Tidak perlu merespon jika update teman Anda tidak menarik bagi Anda. Rasanya agak seperti menguntit ketika seseorang selalu menanggapi setiap kali posting apapun

5. Jangan share hal sepele
Mungkin Anda merasa lucu ketika mendapatkan surat dari pacar, tapi bagi yang melihat ini adalah hal paling sepele yang sangat menjengkelkan ketika terbaca.

6. Hormati Tag
Pastikan foto yang unggah kemudian Anda tag ke teman-teman adalah foto safe-family.