Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 22 November 2014

5 Tips Agar Tenggorokan Selalu Sehat


KaBeIn, Dibanding dengan bagian tubuh yang lain, rasanya kita jarang memperhatikan tenggorokan, kita acuhkan dia. Kita baru memperhatikannya ketika mulai sakit, terasa kering atau ketika kita terbangun tenggorokan kita mengeluarkan suara aneh.Ketika kita merasa sakit setiap kali menelan, baru kemudian kita berkeliling mencari sesuatu untuk menyembuhkan tenggorokan kita.

Selama musim hujan, kita harus lebih waspada lagi dengan kesehatan kita, dimusim ini akan lebih banyak lagi kuman yang menyerang. Berlatih kebiasaan hidup sehat adalah cara terbaik untuk menghindari sakit.

5 Tips Agar Tenggorokan Selalu Sehat

5 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Tenggorokan Anda

1. Lindungi Tenggorokan Anda dari Suhu Dingin
Biasakan memakai syal di leher Anda untuk menjaga hangat daerah tenggorokan. Apakah Anda tahu bahwa leher adalah salah satu sumber yang paling diabaikan dari kehilangan panas? Di mana  40-50% dari panas tubuh kita bisa hilang dari permukaan kepala dan leher.

2. Hindari Pertukaran Peralatan Makanan
Jangan pernah minum dari gelas yang sama, cangkir, atau botol yang telah digunakan orang lain, karena Anda mungkin berada pada risiko kontaminasi silang. Hal yang sama berlaku untuk berbagi peralatan makan dan bahkan serbet.

3. Bersihkan sikat gigi Anda
Salah satu sumber infeksi yang diabaikan oleh kebanyakan orang adalah sikat gigi. Setiap pagi, sebelum menggosok gigi, rendam sikat gigi Anda dalam segelas air garam panas (satu sendok teh sudah cukup). Ini akan membantu mensterilkan sikat gigi dan juga membantu menjaga kebersihannya.

(Baca Juga: Manfaat Lengkap Air Mawar)

4. Berkumur Dengan Garam
Kumur setiap malam dengan campuran air hangat dan garam. Ini adalah kebiasaan yang akan membantu untuk mensterilkan mulut dan tenggorokan. Sebenarnya ini adalah obat abadi, mungkin jika Anda bertanya pada nenek Anda, mereka juga akan tahu.

5. Gunakan Madu dan Jahe Untuk Melindungi Tenggorokan Anda
Salah satu cara terbaik untuk melindungi tenggorokan adalah dengan jus jahe dan madu. Setelah sikat gigi di pagi hari, peras sedikit jus jahe segar (3-4 ml) dengan 5 ml madu, dan tenggorokkan Anda akan terlindungi sepanjang hari.

Komentar spam akan kami hapus