Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 28 November 2014

5 Tempat Umum yang Tidak Terduga Menjadi Sarang Kuman


KaBeIn, Selain berolahraga dan menjaga kebersihan sekitar, kita juga perlu memperhatikan tempat-tempat yang kita kunjungi, benda yang kita pegang agar kita tidak terkena berbagai bibit penyakit.

Tempat-tempat berikut mungkin tempat yang menurut Anda steril dari bibit penyakit, tapi ternyata disana malah merupakan sarang penyakit. Tempat-tempat umum seperti arena bermain anak dan bahkan restoran menjadi tempat bersarangnya berbagai kuman.

Berikut ini 5 tempat umum tak terduga yang merupakan sarang bibit penyakit, dilansir dari washingtonian.com

Arena kebugaran juga sebagai 'arena' kuman
1) Gym
Pusat kebugaran terkenal sebagai tempat berkembang biak bagi kuman yang dapat mengakibatkan infeksi. Sebuah studi menemukan tingginya tingkat kontaminasi tubuh pada gagang pintu, lantai kamar mandi, bangku angkat berat dan bar, dan barbel. Dan jangan lupa untuk memberikan alas atau tikar yang bersih ketika Anda melakukan untuk mencegah bakteri berkembang.

2) Angkutan Umum
Pegangan tangan di angkutan umum juga menjadi sarang kuman, ini ironis karena pegangan yang diperuntukkan untuk keselamatan ketika kendaraan melaju malah menjadi sarang penyakit. Sebuah studi menunjukkan pegangan tangan eskalator di mall terdeteksi jejak darah, keringat, dan urin. Ditemukan juga darah, lendir, air liur, keringat, dan urin pada pegangan bus dan sandaran lengan. Studi lain pada sistem transportasi umum di kota AS menemukan berbagai bakteri ditemukan pada kursi, lengan kursi, dan jendela.

3) Restoran
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pada menu berlapis, bakteri salmonella bisa bertahan hingga 72 jam dan E. coli hingga 48 jam. Sebuah studi yang meneliti 76 lemon dari 21 restoran menemukan bahwa lebih dari 60 persen irisan lemon menghasilkan pertumbuhan mikroba.

(Baca Juga: Efek Samping Bawang Merah yang Sebaiknya Anda Waspadai)

4) Taman bermain
Semua orang tahu favorit anak-anak ketika sekolah adalah saat istirahat. Tapi mungkin Anda tidak tahu bahwa tempat bermain juga sarang kuman. Penelitian yang sama yang menemukan bakteri pada pegangan tangan eskalator juga telah menemukan bahwa tempat bermain adalah tempat yang paling mungkin banyak mengandung darah, air liur, lendir, keringat, dan urin.

5) Gerai Kecantikan
Sebuah studi dua tahun yang dilakukan oleh Elizabeth Brooks, seorang profesor ilmu biologi di Rowan University New Jersey menemukan bahwa gerai makeup telah terkontaminasi dengan bakteri Staph dan E. coli juga kuman lainnya. Jadi sebelum Anda mencoba sebuah lipstik itu, pikir ratusan kali sebelum Anda mencobanya.