Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 26 November 2014

5 Manfaat Menakjubkan Berkumur dengan Air Garam


KaBeIn, Pernah merasakan sakit tenggorokan bukan? Sakit tenggorokan memang menyakitkan dan menjengkelkan. Dan kadang-kadang obat tidak bisa menanggulangi penyakit ini. Jadi apa yang bisa dilakukan? Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan sakit tenggorokan yang menyakitkan. Sifat antibakteri air garam akan menyihir dan membebaskan Anda dari rasa sakit.

Bagaimana Cara Berkumur dengan Air Garam?

Pertama-tama, siapkan larutan air garam dengan menambahkan sejumput garam dalam secangkir air hangat. Berkurmurlah sambil arahkan kepala ke langit-langit, cobalah untuk menghasilkan suara mengerang; lakukan selama setidaknya 20 detik, kemudian muntahkan. Ingatlah untuk tidak menelan air. Ulangi proses ini sampai Anda menyelesaikan seluruh isi cangkir.

Setelah selesai, bilas mulut Anda dengan air biasa. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda harus mengulangi ini setidaknya 4-5 kali sehari.

Berkumur dengan air garam efektif menyembuhkan sakit tenggorokan (Image: Shutterstock)
Berikut ini manfaat berkumur dengan air garam, kami ambil dari laman Stylecraze.com

1. Menetralisir Dan Membersihkan:
Berkumur dengan air garam tidak hanya menetralkan asam, tetapi juga membersihkan lendir yang tidak diinginkan dari tenggorokan.

2. Merangsang Sirkulasi:
Berkumur dengan air garam akan meningkatkan aliran darah ke tenggorokan dan melebarkan pembuluh kapiler darah yang akan mempercepat aksi pada bakteri penyebab peradangan.

3. Natural pH:
Berkumur dengan air garam akan mempertahankan keseimbangan pH alami yang telah terganggu oleh infeksi bakteri.

(Baca Juga: Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Oral Lichen Planus)

4. Membersihkan Hidung Tersumbat:
Ketika sakit tenggorokan terjadi karena kondisi alergi atau infeksi sinus, berkumur dengan air garam juga membantu dalam membersihkan hidung tersumbat dengan beraksi pada rongga hidung.

5. Plak Gigi:
Berkumur juga membantu dalam menghilangkan plak di gigi, sariawan dan penyakit terkait gusi  lainnya. Air garam beraksi pada bakteri dan membantu membersihkan kuman.

Berkumur dengan air garam merupakan cara termudah untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun, jika Anda mengalami kesulitan dan tidak berhasil dengan metode ini, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengunjungi dokter. Mungkin ada beberapa faktor lain yang menyebabkan sakit tenggorokan.