Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 28 November 2014

5 Makanan Powerfull untuk Membersihkan Racun dari Tubuh


KaBeIn, Mungkin Anda sudah tahu banyak tentang kebaikan sayuran dan telah memilih mereka untuk dijadikan makanan sehat. Tapi sayuran berikut ini mungkin masih Anda abaikan, padahal makanan berikut ini sangat baik untuk detoksifikasi. Menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Berikut ini lima sayuran yang melakukan pekerjaan terbaik dalam membersihkan tubuh dari racun dan bakteri dan tentunya menyehatkan Anda secara keseluruhan. Dilansir dari laman washingtonian.com

1. Adas
Hampir semua bagian baik itu biji, akar, daun, dan batang dari adas kaya akan antioksidan, serat, dan potasium. Adas dikenal bersifat anti-inflamasi, dan pelindung liver serta usus. Biji adas sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat masalah pencernaan.

2. Artichoke


Artichoke mengandung beberapa tingkat tertinggi antioksidan, menempati urutan ketujuh di Departemen Pertanian AS dalam daftar 20 makanan kaya antioksidan. Studi menunjukkan bahwa tampaknya sayuran ini juga menurunkan kolesterol dan mengurangi masalah pencernaan.

3. Collard hijau


Masih merupakan keluarga yang sama seperti kale dan brokoli, sehingga manfaat kesehatan dari tanaman tidak diragukan lagi. Collard hijau mengandung vitamin K, A, dan C, dan telah terbukti lebih hebat dari kale dalam penurunan kolesterol. Dalam satu cangkir terdapat lebih dari lima gram serat, yang menjadi sumber dukungan sistem pencernaan Anda.

(Baca Juga: Minuman Energi Ternyata Mempercepat Kontraksi Jantung)

4. Kale
Ada manfaat detoksifikasi dalam diri Kale. Satu cangkir kale mengandung 1,328 persen dari nilai vitamin K harian yang disarankan, mengandung lebih dari 300 persen vitamin A, dan 89 persen vitamin C. Studi juga mengungkapkan kale berguna dalam pencegahan kanker dan kesehatan jantung. (juga brokoli.)

5. Bit
Akar bit mengandung betalains, fitonutrien yang membantu detoksifikasi dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-penuaan. Namun, perlu diketahui bahwa semakin lama Anda memasak bit, zat betalain semakin menghilang. Anda cukup memasaknya dengan menempelkan bit selama 15 sampai 20 menit pada uap, dan jangan melebihi 45 menit ketika memanggang bit.