Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 25 November 2014

5 Cara Meningkatkan Tingkat Kadar Hemoglobin Anda


KaBeIn, Hemoglobin adalah protein yang kaya zat besi dalam sel darah merah. Protein ini bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Fungsi utamanya adalah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh, sehingga sel-sel hidup selalu dalam performa terbaik. Hemoglobin juga membantu membawa karbon dioksida dari sel dan mengangkutnya kembali ke paru-paru.

Sebagaimana peran hemoglobin yang sangat penting untuk menjalani hidup sehat, kita perlu untuk mempertahankan tingkat normalnya dalam darah Anda, yaitu:

     14 sampai 18 mg / dl untuk pria dewasa, dan
     12 sampai 16 mg / dl untuk wanita dewasa.

Nilai diatas berlaku untuk orang dewasa dan mungkin sedikit berbeda dengan laboratorium lain  karena berbeda pula metode dan pengukuran.

Jika kadar hemoglobin menurun, dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, sesak napas, pusing, sakit kepala, kulit pucat, kuku rapuh, denyut jantung yang cepat dan nafsu makan berkurang.

Jika kadar hemoglobin turun secara drastis, kondisi seperti ini dapat didiagnosis sebagai anemia dan gejala dapat semakin parah.

Selama kehamilan, bisanya wanita mengalami kadar hemoglobin yang rendah. Kekurangan gizi besi, asam folat, dan vitamin C dan B12 juga dapat menyebabkan tingkat hemoglobin rendah.

Faktor lain yang mempengaruhi rendahnya kadar hemoglogin adalah karena kehilangan darah setelah operasi atau trauma, sering donor darah, penyakit yang mempengaruhi sumsum tulang, kanker, masalah ginjal, arthritis, diabetes, sakit maag dan penyakit lainnya pada saluran pencernaan.

Dalam kebanyakan kasus, hemoglobin rendah dikaitkan dengan kondisi yang menyebabkan sel darah merah lebih sedikit.

Ada cara alami yang efektif dalam mengembalikan kadar hemoglobin ke tingkat normal. Lamanya waktu yang Anda perlukan untuk menggunakan obat ini tergantung pada kadar hemoglobin Anda.

Berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan hemoglobin Anda secara alami.

1. Konsumsi makanan kaya zat besi
Menurut National Anemia Action Council, kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari tingkat hemoglobin yang rendah. Besi merupakan unsur penting dalam produksi hemoglobin.

Beberapa makanan berbasis besi yang baik adalah hati, daging merah, udang, tahu, bayam, almond, lentil, sereal, tiram dan asparagus.

Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen zat besi. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang tepat. Kelebihan dosis zat besi bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

2. Meningkatkan Asupan Vitamin C
Kadar hemoglobin rendah karena kekurangan vitamin C dapat diperbaiki dengan makan lebih banyak makanan yang kaya vitamin C. Zat besi tidak bisa sepenuhnya diserap oleh tubuh tanpa bantuan vitamin ini.

Makan makanan yang kaya vitamin C seperti pepaya, jeruk, lemon, stroberi, paprika, brokoli, tomat dan bayam.

Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Konsumsi Asam Folat
Asam folat atau vitamin B-kompleks, diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Jadi, kekurangan asam folat secara otomatis mengarah ke tingkat hemoglobin yang rendah.

Beberapa sumber makanan yang baik dari asam folat adalah sayuran berdaun hijau, hati, beras, kecambah, kacang kering, biji gandum, sereal, kacang, pisang dan brokoli.

Anda juga dapat mengkonsumsi 200 hingga 400 miligram suplemen folat setiap hari setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

4. Konsumsi Beetroots / Bit
Bit sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Tanaman ini tinggi zat besi, asam folat serta serat dan potasium. Nilai gizi membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Tanaman beetroot / bit
Masak 1 sampai 2 umbi bit bersama dengan kulitnya dalam microwave atau memanggangnya di atas kompor. Dinginkan dan kupas sebelum makan.

Anda dapat menyiapkan jus sehat dengan 1 buah bit ukuran sedang, 3 wortel dan 1/2 dari ubi jalar. Minum sehari sekali.

(Baca Juga: Manfaat Buah Labu)

5. Apel
Sebuah apel sehari dapat membantu mempertahankan tingkat hemoglobin normal. Apel kaya akan zat besi bersama dengan berbagai komponen lain yang diperlukan untuk hemoglobi..

- Makanlah setidaknya 1 apel (jika mungkin, pilihlah apel hijau) dengan kulitnya setiap hari.

- Anda juga dapat menyiapkan segelas jus dengan mencampur 1/2 cangkir masing-masing jus apel dan jus bit. Tambahkan sedikit jahe atau jus lemon dan minum dua kali sehari.