Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 19 November 2014

5 Cara Alami Mengobati Premenstrual Syndrome (PMS) pada Wanita


KaBeIn, Hampir 75% wanita mengalami setidaknya satu gejala sindrom pramenstruasi (PMS) setiap bulan. Biasanya pada wanita diusia akhir 20-an dan pertengahan 40-an.

Penyebab pastinya belum jelas, tetapi ini terkait dengan perubahan kadar hormon selama seminggu sebelum haid. Faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, stres, indeks massa tubuh yang tinggi, racun lingkungan dan faktor keturunan juga berperan terhadap masalah ini.

PMS dikaitkan dengan berbagai gejala, seperti kembung, retensi air, sakit kepala, kram, perubahan suasana hati, cepat marah, mengidam makanan, sakit perut, sembelit, jerawat, nyeri payudara, dan kelelahan.

Meskipun tidak ada obat nyata untuk PMS, Anda dapat mengikuti beberapa pengobatan alami dan mudah dan beberapa praktek kebiasaan sehat untuk mengurangi masalah ini. Jika gejala yang lebih parah dan mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.
Bentuk parah dari PMS disebut premenstrual dysphoric disorder (PMDD).

1. Jahe
Jahe adalah obat alami yang sangat baik untuk masalah haid, termasuk kram, PMS dan menstruasi tidak teratur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal International Scholarly Research Notices,  ditemukan jahe efektif dalam mengurangi gejala PMS.

- Tambahkan 1 sendok teh (sdt) jahe parut untuk satu cangkir air mendidih.
- Biarkan mendidih selama beberapa menit.
- Saring dan tambahkan madu secukupnya.
- Minum 2 atau 3 cangkir teh jahe ini setiap hari, setidaknya selama seminggu sebelum haid.

Catatan: Jika Anda memiliki masalah dengan batu empedu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan jahe ini sebagai obat.

2. Cuka Sari Apel
Cuka apel sangat membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini juga baik untuk mengurangi gejala PMS seperti kembung, retensi air, kram, sakit kepala, cepat marah dan kelelahan.

- Campur 1 sampai 2 sdt cuka sari apel mentah, tanpa disaring dalam segelas air.
- Tambahkan madu organik sedikit.
- Minum solusi ini sekali atau dua kali sehari.

3. Biji Rami
Biji rami mengandung omega-3 asam lemak yang telah ditemukan untuk membantu dalam mengurangi gejala PMS seperti depresi, kecemasan, kembung, nyeri payudara, dan sakit kepala. Plus, mereka mengandung lignan yang menghalangi kelebihan estrogen dan keseimbangan metabolisme hormon. Biji rami juga sumber serat.

Mengkonsumsi 1 sendok makan (sdm) biji rami dua kali sehari. Anda dapat menambahkannya ke oatmeal, sereal, smoothies, salad atau sayuran yang dimasak.

Anda juga bisa memasukkan ikan berlemak, minyak kelapa, telur, biji labu, biji chia, almond, kenari dan makanan lain yang kaya akan asam lemak esensial dalam diet Anda.

4. Kalsium dan Magnesium
Kalsium diyakini membantu menyeimbangkan kadar hormon, sehingga mengurangi gejala PMS. Juga, baik untuk tulang Anda serta kesehatan secara keseluruhan.

Magnesium membantu mengurangi gejala seperti mengidam, nyeri payudara, kekurangan cairan, kembung dan sakit kepala migrain karena menstruasi. Kedua nutrisi ini juga mengurangi stres dan meringankan kram.

Mengkonsumsi makanan kalsium dan kaya magnesium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, rumput laut, pisang, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Blackstrap molasses merupakan sumber zat besi, kalsium, magnesium, selenium, seng, vitamin B6 dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Campurkan 1 sendok makan sirup coklat ini dalam segelas susu dan minum setiap hari.

Anda bisa mengasup suplemen hingga 1.200 mg kalsium dan 300 sampai 500 mg magnesium setiap hari. Sebelum memulai mengkonsumi suplemen ini, konsultasikan dengan dokter Anda.

Vitamin B6 dan E juga bermanfaat untuk mengobati PMS.

Daun Raspberry
5. Red Raspberry
Red raspberry merupakan ramuan yang bermanfaat bagi perempuan pada semua tahap kehidupan. Telah ditemukan bekerja sebagai agen relaksan, sehingga mengurangi kram dan kejang.
Hal ini kaya berbagai vitamin dan mineral, terutama vitamin B-kompleks, kalsium dan magnesium. Ia juga bekerja sebagai tonik rahim, membantu pencernaan dan mengatur periode menstruasi.
Tambahkan 1 sendok makan daun kering raspberry merah untuk secangkir air mendidih. Biarkan selama sekitar 15 menit. Saring dan minum teh ini hingga 3 kali sehari, setidaknya selama seminggu sebelum haid.

6. Olahraga Rutin
Olahraga teratur sangat dianjurkan untuk mengurangi sindrom pramenstruasi. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi ini, penelitian kecil menunjukkan bahwa beberapa latihan dapat meringankan beberapa gejala, terutama nyeri dan perubahan suasana hati.

Ini juga akan mengurangi stres, meningkatkan mood Anda, meningkatkan metabolisme, memfasilitasi penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

- Perempuan harus terlibat dalam olahraga ringan selama minimal 30 menit, 4 atau 5 kali seminggu.
- Olahraga berat juga dapat dilakukan beberapa kali seminggu.
- Lakukan juga dua sesi penguatan otot seminggu sekali