Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 09 November 2014

5 Cara Alami Mengobati Kulit Kepala Gatal yang Terbukti Ampuh


KaBeIn, Kulit kepala gatal bukan hanya tidak nyaman dan memalukan dalam beberapa kondisi, tapi juga merupakan bahaya kesehatan bagi kulit dan kepala Anda. Gatal pada kulit kepala dapat terjadi akibat jamur, kurap, ragi, dan bahkan parasit, serta tentunya kutu rambut.

Jika bukan karena mikroba atau kutu, gatal pada kulit kepala mungkin disebabkan oleh ketombe atau kulit kering. Kadang-kadang, ada juga yang lebih parah yang disebabkan oleh psoriasis atau dermatitis seboroik yang mengakibatkan bercak merah dan besar, kuning, bersisik dan berminyak hingga membentuk kerak-kerak di kulit kepala Anda.

Kulit kepala Anda juga dapat bereaksi terhadap beberapa produk seperti sampo atau hal-hal lain yang Anda gunakan pada rambut. Jika diet Anda kekurangan vitamin B dan D serta lemak baik dan seng, ini juga mungkin dapat mengakibatkan gatal pada kulit kepala.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu Anda menyingkirkan gatal pada kulit kepala. Seperti kami lansir dari rapidhomeremedies.com

1. Minyak pohon teh

Selama berabad-abad, minyak pohon teh telah digunakan untuk ketombe, rambut kering dan kulit kepala gatal.
Cara Menggunakan Minyak Pohon Teh untuk Kulit Kepala Gatal

- Ambil 5-10 tetes minyak ini dan dengan lembut pijat ke kulit kepala Anda.

- Jika kulit Anda terlalu sensitif, encerkan minyak pohon teh dengan beberapa sampo bayi. Tambahkan 10-20 tetes minyak pohon teh kedalam 1/2 cangkir sampo bayi. Gunakan ini setiap hari untuk mencuci kulit kepala dan rambut sampai Anda tidak merasakan lagi gatal kulit kepala.

- Jika Anda ingin metode lebih mudah, Anda bisa membeli shampoo minyak pohon teh, terutama jika kulit kepala gatal Anda telah mulai memberikan banyak masalah ketombe. Ketika Anda menerapkan sampo ini untuk kulit kepala Anda, tunggu setidaknya selama satu menit sebelum mencucinya dengan air. Gunakan setiap hari atau setiap dua hari untuk menyembuhkan gatal kulit kepala.

- Anda juga dapat membuat bilasan dari minyak pohon teh. Tambahkan 5-10 tetes minyak pohon teh kedalam air secukupnya untuk membilas kulit kepala dan rambut. Setelah keramas, cuci rambut dengan air ini. Gunakan air ini sebagai bilasan terakhir.

2. Aloe Vera (lidah buaya)
Aloe vera gel memiliki sifat antipruritus yang berarti dapat mengurangi rasa gatal. Aloe gel memiliki glikoprotein yang dapat melembabkan, melumasi, dan melindungi kulit kepala. Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur untuk mengobati kulit kepala gatar yang diakibatkan jamur atau ragi.
Cara Menggunakan Gel Aloe Vera Untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
Daun lidah buaya atau membeli gel lidah buaya di toko

Caranya

- Jika Anda memiliki daun lidah buaya, potong-potong daun lidah buya dan dapatkan gel-nya.
- Cuci rambut Anda dengan sampo dan air hangat agar tidak ada kotoran atau minyak yang tersisa di sana.
- Ambil sekitar 1 sdm gel lidah buaya.
- Terapkan pada kulit kepala Anda sambil di pijat-pijat.
- Biarkan selama 5-10 menit, kemudian bilas

3. Minyak Wijan
Minyak wijen dapat membantu Anda melawan kulit kepala kering untuk meringankan gatal-gatal. Ia memiliki sifat menenangkan. Kadang-kadang ketika panas, atau terbakar sinar matahari, folike rambut akan rusak, minyak wijen dapat membantu Anda, minyak wijen akan berfungsi sebagai pendingin dari dalam. Mengunci kelembaban di dalam dan dengan demikian mencegah kekeringan. Jika gatal Anda adalah karena kutu, minyak wijen juga dapat membantu Anda melalui sifat anti-bakteri nya. Anda bisa menambahkannya ke minyak esensial lain untuk mengobati kutu kepala dan menyingkirkan rasa gatal.
Cara Menggunakan Minyak Wijen untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:

1-2 sdm minyak wijen
Jus lemon (opsional) - beberapa tetes
Handuk hangat (opsional)

Caranya:

- Hangatkan minyak wijen
- Pijat sedikit minyak wijen hangat ke kulit kepala Anda selama sekitar 10 menit sebelum tidur.
- Setelah memijat, bungkus kepala Anda dengan handuk panas dan biarkan selama 10 menit sebelum Anda pergi tidur. Namun, ini hanya opsional. Anda dapat meniadakan menggunakan handuk panas sebagai pembungkus.
- Cuci kulit kepala dan rambut di pagi hari.
- Lakukan setiap hari sampai Anda terbebas dari kulit kepala gatal.


4. Minyak kelapa
Minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan mengurangi kemerahan serta iritasi. Sifat antibakteri dari minyak kelapa memerangi folikulitis, infeksi pada folikel rambut serta infeksi jamur lain seperti kurap pada kulit kepala. Minyak kelapa tidak hanya menenangkan kulit kepala gatal yang disebabkan oleh ketombe tetapi juga dapat menenangkan cradle cap pada bayi. Ini adalah minyak yang aman untuk digunakan untuk bayi juga.
Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
3-5 sdm minyak kelapa

Caranya:

- Hangatkan minyak kelapa, ini adalah opsional, karena Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa dengan suhu normal. Penghangatan pada minyak kelapa diperlukan jika minyak kelapa Anda dalam keadaan padat atau beku.
- Pijat minyak ke kulit kepala Anda dan akar rambut.
- Lakukan ini selama setidaknya 10 menit.
- Bungkus kepala Anda dengan handuk atau topi mandi dan biarkan minyak meresap dalam selama 2-3 jam. Anda juga dapat membiarkannya semalaman.
- Cuci bersih dengan sampo dan air.

(Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Kepala Sinus dengan Ramuan Mujarab)

5. Jus Lemon
PH rendah jus lemon membuat agen antibakteri yang sangat baik dan itu sebabnya jika kulit kepala Anda gatal karena mikroba, jus lemon dapat membantu Anda. Namun, jangan menggunakannya jika kulit Anda rusak karena dapat menyebabkan bau menyengat.
Cara Menggunakan Lemon Juice Untuk Kulit Kepala Gatal

- Ambil 2 sendok makan jus lemon dan terapkan langsung ke kulit kepala Anda sambil sedikit dipijat. Bilas dengan air. Ambil satu lagi sesendok teh jus lemon dan campurankan dalam satu cangkir air, gunakan untuk membilas rambut Anda lagi.. Lakukan ini setiap hari sampai Anda menyingkirkan gatal pada kulit kepala.

- Anda juga dapat langsung menerapkan jus lemon segar pada kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar 5-10 menit dan kemudian cuci rambut dengan sampo.

- Ada satu lagi cara, mencampur jus lemon dengan yogurt. Tambahkan sekitar 5-10 tetes jus lemon segar dengan 2-3 sendok makan yogurt. Terapkan ini ke kulit kepala Anda, biarkan selama 5-10 menit dan cuci dengan sampo. Ulangi setiap hari sampai Anda menyingkirkan kulit kepala gatal.