Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 16 November 2014

4 Cara Bisa Survive dari Demam dan Flu Ketika Musim Hujan


KaBeIn, Musim hujan hampir tiba, bahkan telah tiba di beberapa tempat di Indonesia. Penurunan suhu menjadi dingin mengakibatkan kita rentan terkena sakit demam dan flu. Meskipun hujan bukanlah yang mangakibatkan flu dan demam, tapi hawa dingin ketika hujan membuat kita bisa tertular atau terkena flu dan demam (Baca: Hujan Bukanlah Penyabab Flu dan Demam)

Kita perlu lebih waspada akan penyakit flu dan demam saat musim hujan, untuk itulah diperlukan beberapa kebiasaan sehat yang bisa membuat kita bertahan dari terkena flu dan demam.

Berikut ini 4 cara agar bisa terhindari dari demam dan flu saat hujan, seperti dikutip dari laman livestrong.com:

1. Cuci tangan Anda
Ini adalah cara paling sederhana untuk mencegah kuman menyebar. Waktu yang disarankan untuk memastikan membunuh kuman saat mencuci tangan yang benar adalah 20 detik.

2. Konsumsi suplemen zinc.
Zinc (seng) sering digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi saluran pernapasan bawah dan mengobati infeksi telinga pilek dan berulang.

3. Cukup minum dan makan sehat.
Minum air dan mengikuti diet yang sehat juga dapat membantu meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat mengurangi gejala flu biasa dan mengurangi risiko terkena pilek atau flu.

Minum banyak air sepanjang hari tidak hanya penting untuk mencegah pilek, tetapi juga penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Beralihlah dari minuman manis ke air putih adalah langkah sederhana yang akan membuat perbedaan besar yang akan Anda rasakan nantinya.

(Baca Juga: Fakta Penting Tentang Alergi Makanan)

4. Tidur malam yang baik.
Tidur yang baik adalah tidur malam setidaknya tujuh jam. Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang kurang dari tujuh jam tidur tiga kali lebih mungkin untuk mendapatkan sakit. Mulai sekarang perketat diri Anda sendiri dengan tidur lebih awal.