Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 18 November 2014

3 Manfaat Kulit Pisang dan Cara Pembuatan Masker Kulit Pisang


KaBeIn, Pisang memang luar biasa dalam memberikan manfaat pada kesehatan kita. Hampir semua bagian tanaman ini (dari daun sampai akar) bisa dimanfaatkan oleh manusia. Pada buah pisang juga nyaris tidak ada yang dibuang, semuanya bermanfaat, baik daging maupun kulit pisang.

Setelah pada pembahasan yang lalu kita mengupas tentang kulit pisang yang ternyata dapat dibuat menjadi minyak kulit pisang, kali ini kita akan bahas lagi manfaat kulit pisang.

Berikut ini manfaat kulit pisang dan cara pembuatannya, dikutip dari laman stylcraze.com:

1. Kulit Pisang untuk Masker Anti Jerawat
Poli-fenol pada kulit pisang dana melawan jerawat, Anda bisa saja langsung menggosokkan kulit pisang pada wajah, namun untuk membuat obat anti-jerawat yang lebih efektif, Anda bisa membuat kulit pisang tersebuut menjadi masker.

Bahan:
- Kulit pisang
- Air mawar
- Gliserin
- Gula pasir

Cara Pembuatan:
Ambil kulit pisang kerok bagian putihnya, kita benar-benar mengambil kulitnya saja. Tempatkan dalam mangkuk dan tambahkan air mawar, kemudian buatlah menjadi pasta. Setelah menjadi pasta, tambahkan gliserin dan gula pasir dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan biarkan kering selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

Cara membuat masker kulit pisang
Cara membuat masker kulit pisang dan pembuatan masker pisang (Image: Shutterstock)
2. Kulit Pisang untuk Masker Anti-Penuaan
Kulit pisang merupakan sumber yang kaya antioksidan. Antioksidan akan menghalau radikal bebas dari kulit dan tubuh kita. Radikal bebas juga menyebabkan penuaan dini dan mengakibatkan keriput, bintik-bintik dan garis-garis halus.

Bahan:
- Kulit pisang
- Air jeruk
- Air mawar

Cara Pembuatannya:
Ambik kulit pisang, kerok bagian putihnya. Tempatkan dalam mangkuk dan lembutkan. Tambahkan beberapa tetes jus lemon dan air mawar ke dalam mangkuk. Aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dan gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Kulit Pisang untuk Masker Tabir Surya
Kulit pisang kaya akan lutein. Lutein adalah agen tabir surya alami yang melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Bahan:
- Kulit pisang
- Dadih
- Air

Cara Pembuatannya:
Cara pembuatannya sama dengan membuat masker pada poin nomer 2. Hanya saja pada air jeruk, Anda ganti dengan dadih. Silahkan baca mengenai dadih dari wikipedia.