Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 12 November 2014

3 Cara Menyembuhkan Diare dengan Bahan Alami


KaBeIn, Diari bisa membuat pekerjaan Anda berantakan, Anda harus bolak-balik ke kamar mandi dan menelantarkan pekerjaan seharian, bahkan bisa lama! Kita bakal dibuat bosan dengan pasang dan lepas celana berkali-kali.

Tapi bukan hanya karena pekerjaan saja kita harus membenci diare, lebih dari itu, ini adalah penyakit yang tentunya harus kita singkirkan. Jika Anda lebih lima kali bolak-balik kebelakang, maka dipastikan Anda mengalami diare mutlak, tapi ketika 'hanya' dua atau tiga kali buang air besar lebih banyak dari biasanya, maka Anda mengalami diare relatif.

Ketika Anda bolak-balik buang air besar karena diare, itu akan menyebabkan Anda kehilangan banyak mineral, dan bila diare tidak langsung diobati, maka bisa saja menyebabkan berbagai komplikasi

Berikut adalah bagaimana Anda dapat menyingkirkan diare dengan bantuan bahan-bahan alami dan langkah-langkahnya. Dikutip dari laman Rapidhomeremedies.com


1. Cukupi Cairan Ketika Diare
Ketika diare Anda akan kehilangan banyak cairan ditubuh, maka Anda perlu mengganti cairan juga. Namun, Anda juga perlu memberi sedikit beban pada perut Anda, terutama sistem pencernaan. Jadi, cara terbaik untuk memberi asupan cairan saat diare adalah memilikinya dalam jumlah kecil. Jangan sekaligus meneguk segelas air atau jus, tapi teguk sedikit air dan beri jeda waktu untuk tegukan selanjutnya.

Begitu juga dengan makana kecil, ketika diare makanlah makanan kecil yang tidak memberi tekanan pada sistem pencernaan Anda. Makanan apa saja, nanti akan dibahas kemudian. Sekarang kita berbicara mengenai cairan, maka pilihlah  yang berikut.

- Air
- Jus buah kecuali apel dan jus prune karena mereka memiliki efek pencahar ringan
- Teh ringan, sebaiknya jahe atau teh herbal dengan sedikit gula. Hindari teh herbal yang memiliki efek pencahar
- Air kelapa
- Minuman olahraga
- Jahe

2. Membuat Larutan Rehidrasi Oral (Oralit)
Anda mungkin pernah mendengar banyak tentang oralit atau larutan rehidrasi oral. Ini adalah minuman khusus yang terdiri dari garam kering yang dibutuhkan oleh tubuh. Minum oralit membantu rehidrasi tubuh Anda dan pada dasarnya ini adalah  pengobatan terbaik untuk diare. Meskipun oralit bisa Anda beli di apotik, tapi kita bisa membuat oralit sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Minuman Oralit

Bahan:
- ½ sdt Garam
-  6 sdt Gula
- Air minum bersih (atau air dingin yang sudah dimasak) - 1 liter (5 gelas)

Caranya:
- Tambahkan gula dan garam ke dalam air.
- Aduk sampai gula dan garam bisa benar-benar larut dalam air.
- Sediakan air ini sepanjang hari.

(Baca Juga: Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Asam Jawa!)

3. Bubur Beras untuk Diare
Mengapa bubur beras baik untuk diare? Karena mereka hambar dan rendah serat. Makanan seperti ini tidak membuat stres sistem pencernaan Anda. Selain itu, kadar air pada bubur ini membantu mengganti elektrolit tubuh Anda yang hilang.

Jadi buatlah bubur beras sekarang juga untuk melengkapi keseluruhan pengobatan terhadap diare.