Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 12 November 2014

2 Cara Terbaru Menelan Pil dan Kapsul dengan Mudah


KaBeIn, Bagi sebagian orang menelan pil atau kapsul adalah hal yang sangat sulit, ada yang mendorong dengan minuman bergelas-gelas, atau mendorong pil tersebut dengan makanan. Bahkan ada yang memasukkan pil kedalam pisang kemudian menelan pisang tersebut.

Jika Anda masih balita, tentu itu wajar, tapi ketila menjadi orang tua dan tetap kesulitan menelan pil, maka itu kebangetan.

Dua metode terbaru ini bisa sangat membantu dalam menelan pil dengan mudah. Metode baru ini adalah hasil dari studi yang dipimpin Dr Walter Haefeli dari University of Heidelberg, dan diterbitkan dalam jurnal Annals of Family Medicine.

Dalam penelitian tersebut, dua metode, yakni  "Pop Bottle" dan "Lean-Forward." terbukti sangat efektif. Hampir 60% metode pop-bottle secara substansial meningkatkan kemampuan dalam menelan pil besar, dan hampir 90% menemukan metode lean-forward membuat cara menelan pil lebih mudah.

Credit: Meredith Rizzo/NPR
Berikut ini cara melakukan kedua metode menelan pil tersebut:

1. Pop-Bottle:
Sediakan air dalam botol, letakkan pil/tablet di lidah Anda, tempelkan bibir Anda erat di ujung botol itu. Kemudian lemparkan kepala Anda sambil menyedot air dari botol. Jangan biarkan ada udara yang masuk melalui mulut ketika mengenggak air. Metode pop-bottle ini lebih cocok untuk pil atau tablet. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar bergerak dibawah ini:


Nina Totenberg mengatakan metode pop-bottle bekerja tanpa hambatan (Credit: Meredith Rizzo/NPR)

2. Lean-Forward
Letakkan pil di lidah Anda, menyesap sedikit air dari gelas atau botol, miringkan kepala Anda ke arah dada dan telan-lah kapsul tersebut saat itu juga. Metode ini lebih cocok untuk pil jenis kapsul.
Untuk lebih jelasnya, lihat gambar bergerak berikut ini:


Maanvi Singh menunjukkan metode lean-forward untuk menelan pil. (Credit: Meredith Rizzo/NPR)

Dua metode ini telah terbukti lebih mudah dalam menelan pil daripada metode memasukkan pil kedalam pisang atau lainnya. Selamat mencoba.