Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 14 November 2014

15 Manfaat Lada Putih untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui


KaBeIn, Lada, bukan hanya untuk bumbu masakan saja, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika Anda mempunyai masalah masalah pencernaan, masalah gigi, diabetes, sakit kepala ringan, batuk dan lain sebagainya, maka lada bisa mengobati semua itu. Bahkan untuk masalah seserius kanker dan jantung , lada putih juga dapat membantu mengobati penyakit serius tersebut. Namun, penting untuk menggunakan dengan benar dan dalam proporsi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini 15 manfaat bubuk lada putih untuk kesehatan. Seperti kami ambil dari laman stylcraze.com:

1. Menghilangkan rasa sakit
Lada putih, atau bahkan semua lada mengandung capsaicin, zat yang menghasilkan panas. zat capsaicin inilah yang membantu dalam mengurangi rasa sakit akibat kejang atau keseleo. Anda bisa membuatnya menjadi jel atau dengan menyemprotkan pada daerah yang terkena nyeri.

2. Mengobati Arthritis
Capsaicin dalam lada juga memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, sangat bermanfaat bagi semua orang yang memiliki arthritis dan menderita pembengkakan otot dan nyeri.

3. Berat Badan
Kandungan capsaicin pada lada membantu membakar lemak dalam tubuh dan dengan demikian membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Pengobatan Kanker
Sesuai penelitian yang dilakukan di University of Nottingham dan American Association of Cancer Research, Capsaicin dalam lada putih dapat membunuh beberapa sel kanker. Telah ditemukan sangat bermanfaat dalam penyembuhan kanker prostat; Namun, penelitian lebih lanjut tentang topik ini tetap dilakukan.

5. Obat Sakit Kepala
Lada putih juga cukup membantu dalam mengobati sakit kepala. Rasa sakit di kepala terjadi ketika neuropeptida, zat P mengirimkan rasa sakit ke otak. Namun, capsaicin dapat menghalangi transmisi ini, dengan demikian mengurangi gejala sakit kepala.

6. Mengobati Batuk
Untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan, campurkan bubuk lada putih dengan sedikit madu. Gabunga keduanya memiliki sifat anti-biotik dan menghasilkan panas.

7. Dekongestan
Panas yang dihasilkan lada putih dapat membantu seseorang menghilangkan hidung tersumbat, melawan infeksi saluran hidung, membersihkan saluran udara sehingga memperlancar pernapasan.

8. Mencegah penyakit lambung
Konsumsi lada putih dapat membunuh bakteri penyebab borok atau bisul di lambung dan usus.

9. Mengontrol Tekanan Darah
Karena lada putih kaya flavonoid, vitamin C dan A, sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah. Penderita tekanan darah tinggi dan masalah terkait lainnya harus mempertimbangkan lada putih dalam diet sehari-hari.

10. Anti-oksidan
Kehadiran flavonoid dan vitamin dalam lada putih membuatnya menjadi anti-oksidan yang akan melawan setiap organisme yang mungkin masuk ke dalam tubuh dan merusak sel-sel di dalamnya.

11. Melancarkan Pencernaan
Sebuah sifat unik lada putih adalah bahwa hal itu merangsang selera untuk mengirim sinyal ke perut untuk mengeluarkan asam klorida, yang penting untuk pencernaan makanan.

12. Sumber Mineral
Lada putih kaya flavonoid, dan Vitamin A, K dan C. Juga banyak mengandung mangan, besi, dan serat makanan dan dengan demikian lada adalam pemasok mineral sehat bagi tubuh.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Sangit pada Nasi)

13. Mengobati Sakit Gigi
Bubuk lada putih dikenal dapat mengobati sakit gigi bila dikombinasikan dengan minyak cengkeh atau garam meja.

14. Mencegah Perut Kembung
Semua jenis lada diketahui memiliki sifat karminatif, karena yang mencegah pembentukan gas dalam usus. Hal ini terjadi karena lada dapat meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu dalam melancarkan pencernaan lebih efektif.

15. Mengobati Vitiligo Curing
Lada mengandung piperine, yang merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk stimulasi pigmentasi pada kulit. Ini adalah solusi ideal untuk kondisi seperti vitiligo, di mana kulit mulai kehilangan pigmen dan berubah menjadi putih.