Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 08 November 2014

10 Tips Agar Lari Pagi Anda Lebih Menyenangkan


KaBeIn, Berjalan kaki di pagi hari atau lari pagi memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan, olahraga ringan dan tanpa biaya ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Lari pagi atau jogging bisa dikerjakan diluar ruangan seperti lari pagi menyusuri komplek perumahan, mengelilingi taman atau alun-alun, ada juga yang melakukan lari diatas treadmill.

Terlepas dari tempat melakukan lari apakah di luar ruangan atau diatas treadmill, aktivitas lari ini masih banyak orang yang malas melakukannya. Berbagai alasan malasnya lari seperti telapak kaki sakit, nafas tersengal-sengal.

Tips berikut ini akan membuat aktivitas lari pagi Anda lebih menyenangkan, diharapkan setelah membaca artikel ini Anda kembali berminat melakukan lari pagi.

1. Sambil mendengarkan musik
Kerap kali kebosanan ada ditengah-tengah lari, Anda bisa mensiasatinya dengan mendengarkan musik favorit melalui headphone

2. Berlomba dengan orang disekitar
Selalu kejar orang yang ada didepan Anda, ini akan membuat secara tidak sadar akan berlari lebih cepat

3. Bawa minuman
Ditengah-tengah lari kerap terjadi dehidrasi, Anda bisa membawa botol kecil air putih ketika lari pagi.

Buat lari pagi Anda senyaman mungkin

4. Pakaian yang nyaman
Ketika lari pagi, berpakaianlah yang nyaman agar pikiran Anda juga ikut nyaman.

5. Buat jogging menjadi beberapa bagian
Ketika Anda berlari misalnya 7 mil, Anda bisa membagi perjalanan anda menjadi 1 mil untuk pemanasan, 5 mil untuk berlari, dan 1 mil untuk cooling down. Ini akan mengurangi rasa pegal dan menghindari kram pada kaki.

6. Buatlah bahu dan lengan serileks mungkin
Usahakan ketika Anda berlari agar tidak mengempit sikut dan menegangkan bahu, itu hanya akan membuat Anda kehilangan banyak energi.

7. Ganti sepatu lama Anda.
Sepatu yang sudah usah jangan dibawa untuk jogging, itu hanya akan menyakitkan kaki dan membuat Anda malas melakukan lari pagi lagi.

8. Condongkan badan kedepan
Anda bisa memanfaatkan gravitasi untuk membuat langkah lebih ringan. Condongkan badan Anda kedepan mulai dari pergelangan kaki (bukan dari pinggang seperti yang banyak orang lakukan). Ini akan membuat Anda seolah jatuh kedepan sehingga meringankan kerja kaki Anda.

9. Selalu menatap kedepan
Memusatkan selalu tatapan kedepan membuat lari pagi Anda terasa lebih mudah dan lebih cepat

10. Pendekkan langkah kaki Anda
Memendekkan langkah akan membuat Anda memperbanyak langkah permenit, cara ini juga lebih efektif dalam menghemat energi daripada menggunakan langkah panjang.