Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 20 November 2014

10 Manfaat Penyembuhan dari Bambu, Pohon Keajaiban dari Asia


KaBeIn, Bambuh, berasal dari Asia, orang lebih mengenal tanaman ini untuk bahan bangunan saja, atau sekedar dijadikan pagar rumah. Tapi tahukah Anda bahwa bambu merupakan tanaman ajaib! Mempunyai banyak sekali manfaat yang mungkin belum banyak diketahui.

Selain untuk bahan bangunan, bambu juga sudah dikelan dipenjuru dunia bisa digunakan untuk, masakan, obat-obatan, musik, alat dan peralatan makan, dan masih banyak lagi.

Sedikit orang yang mengenal manfaat penyembuhan dari bambu, yang akan kita temukan di bawah ini:

1. Pencernaan
Segala macam masalah perut dapat diobati dengan menggunakan daun bambu. Peneliti telah membuktikan bahwa daun bambu menguatkan dan memperkuat otot-otot perut. Sifat stimulus meningkatkan pencernaan secara efisien, bisa dijadikan sebagai hidangan pembuka untuk memudahkan pencernaan makanan. Bambu bahkan dijadikan teh di beberapa tempat di India, untuk meningkatkan pencernaan serta manfaat kesehatan lainnya.

2. Penyembuhan Spiritual
Bambu telah lama dianggap memiliki sifat ajaib, seorang telah banyak membuktikan sifat penyembuhan spiritual bambu saat ini. Bambu dapat menghilangkan energi negatif, memurnikan hati, melepaskan beban masa lalu dan penyesalan.

3. Sangat Bergizi
Makan bambu mungkin terdengar aneh bagi Anda, banyak negara di Asia telah makan bambu, terutama rebung sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. Bambu kaya akan fitokimia, antioksidan, protein, kalium, serat, asam lemak esensial dan nutrisi berharga lainnya yang dinilai di Jepang sebagai makanan kesehatan kelas atas.

4. Mengatur siklus menstruasi
Dalam pengobatan Asia, jus daun bambu yang dikonsumsi secara teratur digunakan untuk memperbaiki ketidakteraturan menstruasi. Bambu membantu mengatur siklus menstruasi serta masalah yang berkaitan dengan menstruasi lainnya, seperti mengatur perdarahan yang berlebihan selama periode mens.

5. Aromaterapi
Ekstrak herbal dan minyak esensial yang dibuat dari bambu digunakan dalam dunia aromaterapi untuk menangkap sifat penyembuhan dari tanaman ini. Banyak yang terpikat oleh aroma segar minyak bambu, dan digunakan sebagai wewangian juga.

6. Aphrodisiac
Pengobatan Cina sangat menghormati bambu atas sifat afrodisiak-nya. Tunas bambu bila dimakan secara teratur dikatakan dapat memperkuat libido dan stamina seksual. Decoctions terbuat dari bambu untuk meningkatkan kejantanan seksual dan bahkan sekarang telah tersedia dalam bentuk bubuk.

7. Menyembuhkan Penyakit Respiratory
Jenis bambu hitam digunakan sebagai Purger lendir dan ekspektoran alami. Mengontrol infeksi bakteri dan penyakit paru-paru dan memungkinkan pengusiran lendir yang mengandung bakteri mati dan racun keluar dari tubuh.

8. Anti-inflamasi
Rebung memiliki sifat anti-inflamasi yang digunakan untuk aplikasi topikal untuk mengurangi pembengkakan, serta penyembuhan radang internal di seluruh bagian tubuh. Bambu mengandung analgesik dan efek anti-inflamasi, digunakan untuk mengobati bisul, serta luka bengkak.

(Baca Juga: Manfaat Jeruk Bali yang Belum Banyak Diketahui)

9. Diuretik Alami
Bambu digunakan sebagai diuretik alami untuk merangsang kelancaran arus urine untuk orang dengan masalah kemih. Daun bambu dapat mengembalikan cairan tubuh dan merupakan diuretik alami, meningkatkan kesehatan kandung kemih.

10. Berat Badan Sehat
Secangkir rebung dapat membuat Anda penuh dan kenyang selama berjam-jam, namun hanya berisi 13 kalori dan kurang dari 0,5 g lemak. Dengan makan gizi yang dikemas bambu, ngidam yang tidak diinginkan dalam tubuh dapat dipadamkan, yang pada akhirnya membantu dalam penurunan berat badan yang sehat. Bambu bisa dimakan dengan dikukus, dimasak, kari, sebagai lauk dan banyak lagi.
(sumber: healthmunsta.hubpages.com)