Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 29 November 2014

10 Manfaat Minyak Daun Sirih yang Menakjubkan


KaBeIn, Daun sirih merupakan herbal tertua, yang banyak digunakan sejak jaman dulu oleh orang-orang India, Nepal dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia. Tanaman ini merupakan anggota dari keluarga lada Piperaceae. Daun sirih yang berbentuk hati ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Minyak Daun Sirih telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Dalam minyak daun sirih juga mempunyai manfaat yang sama dengan daun sirih itu sendiri. Dipasaran sekarang sudah banyak yang menjual minyak daun sirih.

Berikut ini 10 manfaat minyak daun sirih, yang kami ambil dari laman Stylecraze.com

Image by Shutterstock
1. Mengobati Peradangan
Minyak daun sirih memiliki fenol yang disebut chavicol yang memiliki sifat antiseptik. Digunakan untuk mengobati peradangan pada kondisi serius seperti arthritis dan orchitis.

2. Menyegarkan Nafas
Minyak daun sirih membantu menyegarkan napas, melindungi terhadap kuman, bakteri dan patogen mulut lainnya. Minyak daun sirih juga mencegah kerusakan gigi, memperkuat gusi dan gigi dan mencegah perdarahan mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa menggunakan minyak daun sirih dengan berkumur pagi dan malam, setiap hari. Teteskan satu tetes minyak daun sirih dicampur dalam satu cangkir air hangat sebagai media untuk berkumur.

3. Masalah Pernapasan
Minyak daun sirih adalah obat yang tepat untuk masalah pernapasan seperti pilek, batuk, dan masalah pernapasan lainnya. Setetes minyak sirih dicampur dengan minyak mustard memijat di bagian dada akan memberikan bantuan dari masalah pernapasan. Menghirup uap dengan dua tetes minyak daun sirih membantu dalam mengobati sesak dada dan hidung tersumbat.

4. Gangguan kulit
Minyak esensial sirih membantu mengobati berbagai penyakit kulit. Sifat antimikroba membantu mengobati ulserasi kulit, alergi, gatal-gatal, dan bau badan. Dua tetes minyak daun sirih dicampur dengan jumlah yang sama minyak Lavender dan minyak jojoba, dan diterapkan pada daerah yang terkena dapat membantu menyembuhkan masalah.

5. Kondisi Rematik Dan Nyeri
Minyak daun sirih membantu memberikan bantuan dalam kasus-kasus nyeri dan kondisi rematik.

6. Mengobati Sakit Punggung Dan Otot Tegang
Memijat punggung bawah dengan minyak daun sirih dapat membantu meringankan rasa sakit. Minyak daun sirih juga memberikan bantuan terhadap otot tegang, kemerahan, dan bengkak. Bisa juga untuk mengobati sakit kepala.

7. Mengobati Sakit Telinga
Jika Anda menderita sakit telinga, maka minyak daun sirih adalah obat yang tepat. Campur minyak daun sirih dan minyak kelapa dan terapkan dua tetes di telinga.

8. Menyembuhkan Luka Dan Infeksi
Minyak daun sirih dapat digunakan untuk penyembuhan luka dan infeksi. Minyak memerangi dan mencegah pertumbuhan mikroba yang merusak. Campur minyak daun sirih dengan minyak kelapa, minyak peppermint dan minyak kunyit dan terapkan pada daerah yang terkena.

(Baca Juga: Manfaat Tanaman Radish Merah untuk Kesehatan)

9. Meningkatkan Fungsi Mental dan Kewaspadaan
Dua tetes minyak daun sirih setiap mandi akan meningkatkan fungsi mental dan kewaspadaan. Ini juga akan membuat Anda bebas kuman dan segar sepanjang hari.

10. Membantu Pencernaan
Pijat perut Anda dengan campuran minyak daun sirih, minyak wijen dan minyak peppermint dalam jumlah yang sama. Ini akan membantu dalam membantu pencernaan.

Manfaat daun sirih memang sangat luar biasa bukan? Tidak heran, nenek moyang kita menggunakan daun ini untuk berbagai salep ampuh dan berbagai ramuan. Lain kali jika Anda memar atau memiliki sakit kepala yang tidak mereda, cobalah minyak daun sirih ini. Selamat mencoba.