Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 01 November 2014

10 Manfaat Luar Biasa Bunga Neem untuk Kesehatan


KaBeIn, Pohon neem (Azadirachta indica), adalah tanaman asli India dan Burma yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Semua bagian dari pohon ini memiliki nilai obat. Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat dari pohon neem, tapi banyak yang melupakan khasiat dari bunganya. Ternyata bunga neem juga tidak kalah hebatnya.

Pohon neem berasal dari India dan Burma (photo: Shutterstock)
Berikut ini manfaat bunga neem, seperti dilansir laman Stylecraze.com.

1. Mengobati Gangguan Pencernaan
Bunga neem kering dapat mengobati gangguan pencernaan seperti dahak. Dapat juga digunakan untuk obat cacingan. Anda dapat menyimpan bunga neem kering selama berbulan-bulan.

2. Meningkatkan Penglihatan
Bunga neem juga membantu meningkatkan penglihatan. Keringkan bunga neem kemudian sangrai, telan setelah disangrai untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Mengobati Masalah Kulit
Sejak zaman kuno, neem sudah digunakan untuk mengobati berbagai jenis gangguan kulit. Buatlah pasta dari bunga neem dan terapkan pada kulit yang terkena. Bunga neem sering dicampur dengan bagian lain dari pohon neem untuk digunakan dalam pengobatan kusta, masalah yang berhubungan dengan darah, gatal-gatal dan masalah kulit lainnya.

4. Aromaterapi
Minyak yang diekstrak dari bunga neem digunakan dalam aromaterapi karena mempunyai efek yang menenangkan dan restoratif pada tubuh. Ekstrak dari pohon neem juga menjadi bahan utama pada berbagai krim, minyak pijat dan astringen.

5. Melancarkan Pencernaan
Baik masih segar atau kering, bunga neem sering digunakan dalam berbagau ramuan di India untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa merebus, memanggang atau men-sanrais bunga neem. Anda dapat mencampurkannya dalam saus maupun nasi.

Di India, beberapa hidangan populer, seperti Ugadhi Pachhadi, Vepampoo Rasam dan masih banyak lagi menggunakan bungan neem sebagai salah satu bahan utamanya.

(Baca Juga: Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan)

6. Bisa Digunakan Sebagai Kontrasepsi
Ekstrak dari bungan neem bunga relatif murah dan salah satu kontrasepsi yang paling efektif yang berasal dari tumbuhan. Ekstrak ini akan mengganggu siklus estrus dan sebagian blok proses ovulasi. Dengan demikian, bunga neem memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kontrasepsi wanita. Karena hal ini, wanita hamil dilarang mengkonsumsi bunga neem.

7. Mengobati Siabetes
Bunga neem merupakan unsur penting dalam penyusunan makanan khusus untuk penderita diabetes.

8. Manfaat Neem Madu
Beberapa varietas tanaman ini ada yang disebut dengan neem madu. Bunga neem jenis ini efektif menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati diabetes, masalah kulit, infeksi tenggorokan, penyakit gigi dan alergi.

9. Mengobati Luka Dan Ruam
Aplikasikan campurkan bunga neem dengan madu untuk menyembuhkan luka dan ruam. Mengonsumsinya juga dapat mencegah infeksi dan masalah kesehatan lainnya karena memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, anti-virus dan anti-bakteri.

10. Manfaat Kesehatan
Minya bunga neem dapat menyehatkan rambut Anda, mendetoksifikasi darah, meningkatkan kesehatan hati dan menyeimbangkan tingkat gula darah dalam tubuh.

PENTING!
Wanita hamil harus menghindari asupan bunga neem karena bunga ini menunjukkan efek kontrasepsi.