Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 28 November 2014

10 Manfaat Kesehatan Mangga Kering yang Menakjubkan


KaBeIn, Apakah Anda tahun jika irisan mangga kering mempunyai banyak manfaat kesehatan? Jika Anda tidak tahu, maka sekaranglah saatnya Anda menyimak manfaat menakjubkan dari mangga kering.

Kita semua tahu bahwa mangga adalah salah satu buah yang paling dicintai di negara-negara Asia dan banyak di belahan dunia lainnya. Mangga banyak ditemukan di Asia, dan ada banyak sekali varietas dari mangga sehingga hampir setiap musim kita bisa mendapatkannya dengan mudah.

Selain jeruk, mangga matang, mangga hijau mentah juga digunakan untuk dijadikan masakan  berbeda seperti salad dan acar. Irisan mangga kering memiliki banyak nutrisi dan digunakan untuk menambah rasa manis dan asam untuk berbagai hidangan, terutama di negara-negara Asia.

Mangga kering (Image: Shutterstock)
Berikut ini manfaat mangga kering untuk kesehetan, kami lansir dari laman Stylecraze.com

1. Memperkuat Sistem Kekebalan
Irisan mangga kering yang sarat dengan vitamin C, mengandung sekitar 80% dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh Anda cukup kuat untuk melawan serangan berbagai infeksi dan penyakit. Membantu juga dalam mempercepat penyembuhan luka.

2. Melindungi Terhadap Penyakit Jantung
Mangga kering mengandung selenium yang baik. Selenium telah dikenal untuk mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung, hipertensi, stroke dan penyakit lain yang serupa.

3. Melindungi dan Melawan Kanker
Mangga kaya akan antioksidan, terutama Phenol yang sangat efektif dalam memerangi berbagai jenis kanker. Dalam beberapa dekade terakhir, beberapa penelitian telah dilakukan pada efektivitas mangga dalam mencegah kanker. Telah ditemukan bahwa antioksidan yang ada dalam irisan mangga kering sangat membantu dalam penghapusan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan ini akan mencegah radikal bebas dari pembentukan sel-sel kanker.

4. Membantu Dalam Penurunan Berat Badan
Rasa manis dan asam irisan mangga kering mempunyai manfaat besar lainnya. Meskipun manis, tetapi tidak menambah bobot tubuh Anda, tidak seperti mangga matang segar yang memang sarat dengan kalori. Kalori dan lemak dalam irisan mangga kering cukup rendah sehingga sempurna untuk dimasukkan dalam menu diet Anda. Mangga kering bagus bagi mereka yang memiliki makanan manis, tapi ingin membatasi asupan kalori.

5. Meningkatkan Pencernaan
Serat sangat penting untuk pencernaan karena mereka bekerja seperti sapu yang akan membersihkan semua racun dalam usus. Irisan mangga kering yang dikemas dengan banyak serat yang membantu dalam meningkatkan pencernaan dan mencegah beberapa masalah pencernaan. Serat dalam irisan mangga memastikan gerakan usus yang tepat, membuat proses pencernaan secara keseluruhan menjadi mulus.

6. Menjaga Gigi Dan Tulang
Mangga kering mengandung cukup kalsium yang membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan memperkuat tulang. Anda dapat menyertakan sepotong mangga kering setiap hari untuk meningkatkan pasokan kalsium Anda.

(Baca Juga: Makanan Pembersih Racun Tubuh)

7. Sumber Vitamin A
Irisan mangga kering mengandung banyak vitamin A dan menyediakan 20 persen dari kebutuhan harian. Vitamin A dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan sel, meningkatkan penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Kontribusi Mineral
Irisan mangga kering memang tidak mempunyai banyak mineral; Namun masih cukup untuk berkontribusi pada asupan mineral harian Anda dengan menyediakan dengan 2% zat besi dalam konsumsi sehari-hari Anda. Besi sangat penting untuk mengangkut oksigen ke darah dan menyimpan oksigen dalam jaringan otot.

9. Meningkatkan Memori
Mangga bermanfaat bagi anak-anak yang tidak bisa berkonsentrasi pada studi mereka. Irisan mangga kering mengandung asam Glutamin, yang dikenal untuk meningkatkan tingkat memori dengan menjaga sel-sel aktif.

10. Menyediakan Karbohidrat
Karbohidrat sangat penting dalam menyediakan energi untuk tubuh. Gula yang berada dalam  irisan mangga kering berfungsi sebagai sumber energi untuk otak dan memastikan mereka berfungsi dengan baik.