Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 29 November 2014

10 Manfaat Jintan Hitam aka Habbatus Sauda aka Nigella Sativa yang Sungguh Menakjubkan


KaBeIn, Di Indonesia menyebutnya dengan Jintan hitam, orang Arab menyebut dengan Habbatus Sauda dan orang bule menyebutnya dengan Black Onion Seed atau Black Seed. Untuk menyatukan perbedaan nama dari suatu makhluk hidup maka itulah pentingnya adanya bahasa pemersatu ilmiah, yaitu bahasa latin. Bahasa latin dari tanaman yang akan kita bahas manfaatnya kali ini adalah Nigella Sativa.

Nigella atau jintan hitam ini tidak diragukan lagi manfaatnya. Bahkan Nabi Muhammad telah menyebut Nigella atau Habbatus Sauda sebagai 'obat untuk semua penyakit kecuali kematian.'

Pada biji Nigella biasanya mengandung 38% minyak dan sekita 2,5% minyak esensial. Nigella juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, serat dan natrium. (sumber:livestrong.com)

Dan berikut ini 10 manfaat menakjubkan dari Nigella untuk kesehatan, seperti kami lansir dari laman Stylecraze.

1. Diabetes Tipe-2
Diabetes tipe-2 biasanya tidak memiliki karakteristik yang sama dengan diabetes sepupunya yang lebih terkenal. Karena itu, lebih sulit untuk mendiagnosa. Nigella dapat membantu mengurangi FBG (fasting blood glucose), menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan fungsi β-cell pankreas Anda, sehingga Nigella dapat membantu pasien diabetes type-2. Sebuah studi yang mengontrol 100 pasien menyimpulkan bahwa 2 gram Nigella setiap hari mungkin meningkatkan agen hipoglikemik oral. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

2. Epilepsi
Banyak anak-anak yang menderita epilepsi menolak pengobatan konvensional. Nigella akan menawarkan solusi sempurna. Nigella diketahui memiliki sifat anti-kejang. Sebuah studi ilmiah menyimpulkan bahwa biji Nigella dapat mengurangi frekuensi kejang refrakter. Sifat antiepilepsi-nya telah terbukti membantu penderita epilepsi. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

3. MRSA
MRSA atau Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus adalah infeksi stafilokokus yang merusak antibiotik dan telah muncul sebagai salah satu patogen yang paling umum dalam kedokteran. Ditemukan bahwa biji Nigella dapat menghambat MRSA, membuat pengobatan yang efektif untuk MRSA. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

Jintan hitam
4. Serangan Jantung
Biji Jintan hitam mengandung thymoquinone, antioksidan, yang memiliki analgesik dan antikonvulsan. Sifat antioksidan dari thymoquinone membantu melindungi jantung dari cedera miokard, membantu mengurangi risiko serangan jantung. Melindungi jantung dari cedera isoproterenol diinduksi. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

5. Keracunan Timbal
Biji jintan hitam mengandung antioksidan yang disebut thymoquinone yang diketahui dapat memerangi efek neurotoksik timbal. Thymoquinone melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh keracunan timbal. Sehingga pada gilirannya biji jintan hitam membantu mencegah kerusakan otak yang disebabkan oleh timbal. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

6. Kanker Mulut
Thymoquinone adalah zat superstar dari Nigella. Ini akan memicu aptosis (kematian sel terprogram) di sel-sel kanker dan membantu menyembuhkan kanker mulut. Karakteristik anti-tumor thymoquinone yang merangsang down-regulasi dari p38β MAPK dan menghambat penyebaran sel-sel kanker. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

7. Antiasthmatic
Nigella dikenal sebagai antiasthmatic. 'Phytomedicine' menerbitkan sebuah studi tentang pengaruh antiasthmatic pada saluran pernafasan. Penelitian ini juga mengklaim bahwa biji Nigella dianggap unggul dalam pengobatan konvensional pada kanker. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

8. Hipertensi
Para peneliti menetapkan bahwa ekstrak dari biji Nigella menyebabkan penurunan kolesterol LDL. Karena tidak ada komplikasi yang terjadi, penelitian ini menyimpulkan bahwa biji Nigella menawarkan obat alami untuk beberapa jenis hipertensi. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

(Baca Juga: Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Tanpa Merasa Lapar)

9. Mencegah Jaringan parut
Sebuah studi yang bertujuan memahami bagaimana Nigella mencegah jaringan parut pasca-operasi menemukan bahwa Nigella membantu mengurangi fibrosis, peradangan dan angiogenesis. Dikatakan juga Nigella dapat mencegah permukaan peritoneal dari jaringan parut dan bahkan menghentikan pembentukan adhesi. (sumber:ncbi.nlm.nih.gov)

10. Leukemia
Leukemia atau kanker sumsum tulang adalah salah satu bentuk yang paling mematikan dari kanker. Penelitian telah menunjukkan thymoquinone yang memicu aptosis (kematian sel terprogram) di sel-sel kanker dapat membantu juga dalam penyembuhan leukemia dengan cara yang sama seperti kanker mulut. (sumber:mdpi.com)

Jintan Hitam aka Habbatus Sauda aka Nigella Sativa aka Black Onion Seeds adalah salah satu solusi yang paling efisien yang tersedia. Nigella membantu mengobati sejumlah penyakit dengan cara yang  mudah! Kami berharap bahwa setelah Anda membaca artikel ini, Anda lebih menyoroti pentingnya Nigella untuk kesehatan Anda.