Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 21 November 2014

10 Manfaat Air Mawar yang Mungkin Belum Anda Ketahui


KaBeIn, Air mawar pada dasarnya adalah produk sampingan dari minyak mawar melalui penyulingan murni kelopak mawar segar. Untuk membuat sedikit minyak mawar membutuhkan banyak sekali kelopak mawar sehingga membuat ekstrak dari mawar ini sangat mahal.

Air mawar dapat ditemukan di toko-toko vitamin dan beberapa supermarket,  tapi jenis olahan ini biasanya mengandung bahan kimia dan pengawet buatan yang kurang efektif dan kurang menguntungkan dibandingkan air mawar murni. Anda bisa membuat air mawar sendiri dirumah untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Berikut ini 10 manfaat air mawar seperti dikutip dari laman healthdigezt.com:

1. Perawatan Kecantikan Kulit
Baik air mawar maupun minyak mawar digunakan dalam berbagai terapi wajah atau perawatan kulit. Air mawar murni alami adalah 100% bebas dari bahan-bahan buatan dan digunakan sebagai pembersih wajah. Cleopatra, terkenal dengan rahasia kecantikan kuno nya, menggunakan air mawar untuk masker wajah.

Air mawar mencegah penuaan dengan mengurangi keriput dan mengencangkan pori-pori kulit. Kulit kering dapat terhidrasi dengan menggunakan air mawar sebagai pelembab. Air mawar membersihkan kulit, menghilangkan kotoran, minyak dan polutan lainnya dari dalam pori-pori kulit. Hebatnya lagi, dapat digunakan pada semua jenis kulit tanpa menyebabkan banyak iritasi.

2. Untuk Aroma Masakan
Manfaat air mawar secara luas dimanfaatkan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Air mawar terkenal karena aromanya yang indah, banyak digunakan dalam masakan Persia untuk menguatkan aroma rasa makanan khususnya beras, memberikan aroma yang berbeda pada masakan.

Air mawar juga sering digunakan dalam jumlah kecil untuk makanan rasa seperti Baklava, es krim, scone, kue, roti dan puding. Di India, air mawar digunakan sebagai salah satu bahan dalam banyak makanan lezat, kari dan permen seperti Gulab Jamun dan ladoos.

3. Minum Air Mawar
Salah satu manfaat air mawar lainnya dapat digunakan untuk membuat minuman yang sangat bergizi karena kaya akan flavonoid, anti-oksidan, tanin dan vitamin penting seperti A, C, D, E dan B3.

Air mawar adalah obat penenang ringan dan anti-depresan. Meningkatkan suasana hati, membantu meredakan ketegangan saraf dan memperbaiki tekstur kulit.

4. Manfaat Air Mawar untuk Infeksi Kulit
Air mawar digunakan untuk mengobati infeksi kulit termasuk kulit kering bersisik, kulit berminyak, peradangan kulit, dermatitis dan eksim. Air mawar juga merupakan agen penyembuhan, dan dapat digunakan dalam mengobati luka. Untuk sunburns, air mawar dapat dengan lembut digosok pada daerah yang terkena atau ketika mandi tambahkan beberapa tetes dan bersantai dalam bak mandi.

5. Gigitan Serangga
Air mawar dapat diaplikasikan di atas gigitan serangga seperti gigitan nyamuk yang mudah menghentikan rasa gatal, mengurangi peradangan.

6. Mata Lelah
Untuk sakit mata atau kelelahan, celupkan kain lembut yang dibasahi air mawar dan letakkan di kelopak mata Anda untuk membantu mendinginkan mata Anda.

(Baca Juga: Cara Terbaru Menurunkan Berat Badan, dengan Jus Labu Putih!)

7. Mengobati Jerawat
Air mawar juga merupakan zat yang mengurangi kemerahan atau peradangan kulit. Radang bengkak karena jerawat dapat dikurangi dengan mengusap air mawar pada daerah yang terkena.

8. Sebagai Disinfektan
Karena memiliki anti-virus dan anti-bakteri, air mawar dapat digunakan sebagai desinfektan untuk menjaga rumah atau tempat kerja bebas dari bakteri dan kuman. Isi semprotan air dengan air mawar murni dan garam epsom, dan semprotkan pada dapur dan kamar mandi, rak, dan meja. Lap dengan kain kering dan ini akan meninggalkan kesan wangi dan segar.

9. Parfum
Dikenal mempunyai aroma yang indah dan unik, air mawar sesuai digunakan sebagai bahan untuk shampoo, sabun dan penyegar udara. Aroma parfum pada  air mawar dapat digunakan untuk menjaga tubuh Anda tetap segar dan bersih setelah mandi dan mencegah bau akibat keringat berlebih.

10. Perawatan Rambut
Produk perawatan rambut dan sampo menggunakan air mawar sebagai bahan utama. Ini menenangkan serta bergizi untuk kulit kepala. Air mawar memperkuat akar rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut dan merevitalisasi kulit kepala sehingga memungkinkan aliran darah yang lancar ke kulit kepala. Menjaga kulit kepala dingin dan segar, juga meremajakan kulit kepala.

Komentar spam akan kami hapus