Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 07 November 2014

10 Makanan Terbaik yang Tentu Bisa Turunkan Tekanan Darah Anda


KaBeIn, Tekanan darah tinggi dapat menjadi menjadi masalah besar, terutama jika hal itu diabaikan. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan menggabungkan makanan tertentu dalam diet Anda, bersama dengan perubahan gaya hidup dan peningkatan olahraga. Berikut ini beberapa makanan terbaik yang secara alami dapat menurunkan tekanan darah Anda, dilansir dari Lifehacker India

1. kacang polong
Kacang ini mengandung banyak protein nabati yang membantu menurunkan tekanan darah. Kacang polong juga mengandung asam folat serta vitamin lainnya yang menawarkan dukungan kardiovaskular secara keseluruhan bagi tubuh.

2. Seledri
Seledri mampu menyehatkan pembuluh darah Anda dan fungsi jantung, membantu dalam  menjaga tekanan darah. Hal ini diyakini bahwa tingkat tekanan darah Anda dapat dipertahankan dengan menjaga kadar gula darah agar seimbang. Seledri adalah makanan super yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif, termasuk penurunan berat badan.

3. Havermut
Havermut atau Oatmeal mungkin tidak menjadi yang paling lezat dalam menu Anda, tetapi sudah pasti salah satu makanan yang paling sehat. Satu mangkuk oatmeal setiap sarapan sudah cukup untuk  menurunkan tekanan darah Anda.

4. Pepaya
Jeruk telah digembar-gemborkan mengandung banyak vitamin C mereka, tetapi ternyata vitamin C lebih banyak terdapat pada pepaya dibandingkan jeruk. Selain itu, pepaya juga sarat dengan mineral dan vitamin seperti kalium dan asam amino, membuatnya menjadi salah satu buah tersehat, dan bagus untuk menurunkan tekanan darah Anda. Karena kandungan potasiumnya, pepaya juga menyehatkan jantung.

5. Yogurt
Yogurt mengandung kalsium, magnesium dan kalium, yang membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk menjaga tekanan darah tinggi Anda. Pastikan untuk memilih yogurt dengan kandungan lemak yang rendah. Manfaat dalam yogurt dapat Anda rasakan dengan membarengi tetap mengkonsusmi makanan sehat lainnya serta perubahan gaya hidup.

6. Kiwi
Sertakan setidaknya 3 kiwi dalam diet Anda, setiap hari. Jika merasa bosan, Anda bisa menempatkannya dalam salad atau mengkonsumsinya dengan makanan lain yang kaya akan anti-oksidan.

7. Tomat
Terlepas dari manfaat kesehatan lainnya, tomat juga dikenal dapat menjaga tekanan darah karena mengandung lycopene. Tomat juga dikenal dapat mencegah diabetes dan menunda penuaan dini pada kulit. Ketika Anda mengkonsumsi tomat, cobalah untuk tidak terlalu lama mengolah atau memasaknya. Lebih bagus lagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah

(Baca Juga: Kebiasaan yang Malah Memperburuk Alergi)

8. Kacang Hijau
Kacang hijau diketahui memiliki dampak langsung terhadap tekanan darah dan menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk mencapai tingkat yang sehat. Hal ini disebabkan kacang hijau mengandung banyak vitamin C, kalium dan serat.

9. Jambu biji
Jambu biji dikenal mengandung banyak kalium yang tinggi, yang diketahui sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah dan membantu penurunan berat badan. Jambu biji juga mengandung serat yang memiliki dampak positif langsung pada sistem pencernaan Anda.

10. Bluberi
Blueberry dikenal karena sifat antioksidannya dan menjaga tingkat tekanan darah Anda agar tetap normal dengan mengusir radikal bebas dalam sistem Anda. Tambahkan semangkuk blueberry segar untuk menu sarapan Anda setiap pagi, atau menambahkan beberapa blueberi ke oatmeal untuk memulai hari dengan penuh energi. Cobalah untuk tidak menambahkan gula, karena hanya akan menghilangkan manfaat blueberi dalam menurunkan tekanan darah.