Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 26 November 2014

10 Efek Samping Bawang Merah yang Sebaiknya Anda Waspadai


KaBeIn, Banyak sekali manfaat dari bawang merah, selain digunakan sebagai bumbu disebagian masakan Indonesia, bawang merah juga mempunyai manfaat kesehatan yang menakjubkan. Silahkan baca: Manfaat Bawang Merah.

Namun ada beberapa kondisi dan kasus dimana kita harus menghindari konsumsi bawang merah. Dan seperti halnya dengan semua hal lainnya, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan pasti mempunyai efek samping.

Berikut ini efek samping dari bawang merah yang patut diketahui. Dilansir dari laman Stylecraze.com


1. Penurunan Gula Darah
Bawang merah dapat mengurangi kadar gula darah, sehingga para penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka sebelum mengkonsumsinya karena bisa saja dapat menurunkan kadar gula darah mereka terlalu banyak.

2. Pembakaran Lambung
Meskipun bawang merah digunakan dalam mengobati beberapa gangguan gastrointestinal, namun kelebihan konsumsi dapat menyebabkan iritasi lambung, muntah, mual dan pembakaran. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini setiap mengkonsumsi bawang, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter Anda.

3. Gangguan kulit
Beberapa orang mungkin mengalami iritasi wajah atau kulit dan ruam pada penerapan jus bawang pada kulit. Jadi disarankan untuk mengujinya pada area kecil dari kulit Anda sebelum penerapannya.

4. Wanita hamil dan menyusui
Wanita hamil dan menyusui harus membatasi jumlah konsumsi bawang seperti yang sering menyebabkan mulas selama tahap ini.

5. Mulas
Asupan yang tidak terkontrol bawang dapat menyebabkan mulas. Dengan demikian, dapat menyebabkan efek buruk kepada orang-orang dengan penyakit jantung. Perhatian medis yang cepat diperlukan dalam kondisi seperti ini.

6. Bau Mulut
Bawang merah sering meninggalkan bau mulut setelah konsumsi. Aroma yang kuat yang ada pada bawang karena mempunyai Sulfur dengan kadar tinggi.

7. Tekanan Darah
Bawang merah dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Dengan demikian, mereka yang mengonsumsi obat untuk tekanan darah, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi bawang merah.

8. Mengandung Antikoagulan
Penggunaan bawang dapat menghambat pembekuan darah karena kandungan antikoagulan nya. Konsumi bawang merah bersamaan dengan obat antikoagulan lainnya dapat meningkatkan risiko perdarahan dan memar.

9. Peningkatan Sensitivitas
Orang yang alergi terhadap bawang seharusnya tidak mengkonsumsi aspirin dan konsumsi bawang bersama dengan aspirin akan semakin meningkatkan sensitivitas bawang

10. Peningkatan Lithium
Bawang merah dapat menurunkan kemampuan untuk menghilangkan lithium dari tubuh. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil obat lithium apapun saat mengkonsumsi bawang.

Anda mungkin menyukai bawang, dan bawang mungkin akan membuat apa yang ada dipiring menjadi semakin lezat. Namun, segala sesuatu mempunyai batas, bukan?