Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 11 November 2014

10 Cara Paling Lengkap Sembuhkan KOMEDO dengan Cepat!


KaBeIn, Komedo adalah masalah yang sangat umum dan menjengkelkan bagi pria dan wanita. Hal ini terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat karena sekresi kelebihan sebum, juga karena kulit mati yang kering. Minyak ini dibuat oleh kelenjar sebaceous untuk membuat kulit Anda kenyal. Perempuan cenderung benar-benar marah karena melihat komedo di hidung mereka daripada pria.

Komedo tidak disebabkan oleh kotoran dan menggosok wajah dengan pembersih wajah tidak akan membantu dalam menyingkirkan komedo. Sering menggosok kulit hanya akan membuat keadaan lebih buruk dan akan membuat kulit pada wajah Anda lebih kering dari sebelumnya.

Berikut ini adalah pengobatan rumahan yang akan menyediakan solusi tentang cara untuk menyingkirkan komedo dengan cepat. Dilansir dari laman myhealthtips.in

1. Mengoleskan dengan Madu
Madu memiliki sifat antibakteri yang sangat baik dan akan membantu dalam penghapusan komedo. Gunakan madu organik mentah yang cukup tebal untuk mendapatkan manfaat maksimal.

- Yang perlu Anda lakukan adalah untuk menerapkan madu murni pada daerah di mana Anda melihat komedo dan diamkan selama sekitar 10 menit.
- Terakhir cuci dengan air hangat dan ulangi proses ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

2. Dengan Uap
Uap akan membantu mengurangi penampakkan komedo di hidung dan wajah, meskipun tidak membuka pori-pori Anda. Ini akan membantu dalam melembutkan sebum yang mengisi pori-pori dan menyebabkan komedo muncul.

-  Ambil mangkuk besar dan tuangkan air mendidih ke dalamnya.
-  Sekarang, tutup kepala Anda dengan handuk besar dan condongkan di atas mangkuk selama sekitar 10 menit.
- Handuk harus ditutupi sedemikian rupa sehingga uap tidak melarikan diri.
- Hati-hati, jangan terlalu dekat dengan air mendidih karena dapat membakar kulit Anda.
- Setelah selesai, bilas wajah Anda dengan air hangat dan kemudian menepuk wajah Anda dengan handuk bersih.
- Jangan lupa untuk melembabkan kulit Anda setelah perawatan uap. Ulangi proses ini selama beberapa minggu untuk menyingkirkan komedo secara alami dengan mudah dan mendapatkan kulit lebih bersinar.

3. Madu dan bubuk kayu manis
Madu memiliki sifat antibakteri yang akan membantu dalam menjaga bakteri jauh serta bertindak sebagai perekat yang bisa mengeluarkan apa pun di pori-pori kulit Anda. Kayu manis merupakan penyembuh alami yang akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah untuk membuat kulit terlihat halus dan sehat serta bercahaya.

- Dalam mangkuk kecil, campurkan satu bagian bubuk kayu manis dengan satu bagian madu organik mentah dan murni. Anda harus memiliki cukup pasta sehingga mencakup semua daerah yang terkena.
- Oleskan tipis-tipis pasta kayu manis dan madu pada komedo dan kemudian pasangkan strip kecil atau kain bersih dan kering di atas pasta. Tepuk itu dan pastikan menempel ke pasta dengan kuat.
- Biarkan selama lima menit. Sekarang angkat strip dengan hati-hati dan cucilah muka Anda dengan air hangat.
- Jangan lupa untuk melembabkan kulit Anda. Ulangi proses ini dua sampai tiga kali seminggu.

4. Masker Putih Telur
Putih telur sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit dan mengencangkan pori-pori kulit. Putih telur dapat digunakan sebagai masker wajah yang efektif untuk mengurangi kemungkinan terkena komedo lebih lanjut serta untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah dan hidung.

Bagaimanan Cara Menerapkannya?

- Ambil putih telur, bersihkan wajah Anda dengan handuk bersih, oleskan tipis putih telur, tekan dengan lembut, biarkan sampai benar-benar kering.
- Setelah kering, oleskan lagi pada tempat yang sama untuk membuat lapisan kedua, pastikan tidak berjatuhan, diamkan sampai kering.
- Anda juga bisa mengulangi kembali untuk membuat lapisan ketiga.
- Biarkan lapisan menjadi benar-benar kering. Anda mungkin merasa sesak ketika topeng mengering. - Setelah selesai, cuci wajah Anda dengan lembut dengan air hangat. Tepuk-tepuk dan kemudian oleskan pelembab.
- Ulangi proses ini dua kali seminggu selama 1 sampai 2 bulan untuk benar-benar menyingkirkan komedo di hidung dan wajah.

Komedo bukan hanya ada di hidung, tapi juga disekitar wajah dan leher (image from myhealthtips.in)
5. Jus Lemon
- Cuci wajah dan biarkan kering lebih dulu. Dalam mangkuk kecil, peras satu atau dua lemon untuk mengekstrak jus nya.- Terapkan jus lemon ini pada daerah target pada hidung dan wajah menggunakan bola kapas. Anda perlu menerapkan jus ini pada waktu tidur.
- Bilas wajah Anda dengan air hangat pagi harinya dan kemudian tepuk-tepuk hingga kering. Terakhir oleskan pelembab.
- Ulangi proses ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

6. Baking Soda
Selain bisa digunakan untuk mengatasi komedo, cara ini juga efektif dalam mengobati jerawat. Baking soda sangat baik dalam menghilangkan kotoran dan partikel debu yang bisa menempel pada kulit Anda dan juga membantu dalam membersihkan pori-pori. Ini tidak boleh berlebihan karena memiliki kandungan garam yang dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering.

Bagaimana Caranya?

- Dalam mangkuk kecil, ambil dua sampai tiga sendok teh baking soda dan mencampurnya dengan air untuk membuat pasta tebal.
- Ambil beberapa pasta pada ujung jari Anda dan pijat dengan gerakan melingkar pada komedo di hidung dan wajah.
- Biarkan kering selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
- Ulangi dua kali seminggu untuk menghilangkan komed.

(Baca Juga: Cara Sembuhkan Bibir Pecah-pecah)

7. Teh Hijau
Teh hijau diketahui sangat efektif dalam mengobati komedo.

- Letakkan dua sdt daun kering teh hijau dalam mangkuk, tambahkan air sedikit saja.
- Aduk menjadi pasta kasar. Dengan menggunakan ujung jari, oleskan pasta ini pada komedo.
- Sekarang gosok pasta pada komedo selama sekitar dua sampai tiga menit. Ini akan membantu dalam membersihkan kulit berminyak serta menghapus semua kotoran dari pori-pori kulit Anda.
- Biarkan kering selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
- Ulangi proses ini tiga kali seminggu.

8. Scrub Gula
Pengelupasan kulit Anda adalah hal yang sangat baik karena akan membantu dalam mudah menghilangkan sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, Anda perlu mengelupaskan kulit Anda sesekali. Tapi ini harus diikuti dengan pelembab.

- Tambahkan satu cangkir gula dalam mangkuk dan mencampurnya dengan 4 sendok makan minyak jojoba.
- Campur bahan-bahan tersebut. Anda bisa menaruhnya di botol kaca agar tetap segar selama satu setengah bulan.
-  Basahi wajah Anda dan terapkan campuran ini pada wajah Anda. Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok campuran dan pijat wajah Anda dalam gerakan melingkar selama lima menit.
- Bilas dengan air dan kemudian keringkan. Oleskan pelembab pada wajah Anda.
- Ulangi proses ini selama dua sampai tiga kali dalam seminggu. Hal ini akan membantu dalam penghapusan komedo.

9. Campuran Oatmeal dan Yoghurt
Campuran Oatmeal dan yoghurt sangat efektif dalam mengobati komedo pada kulit. Ini juga akan membantu dalam meremajakan kulit Anda.

- Tambahkan dua sendok makan oatmeal dalam mangkuk dan kemudian mencampurnya dengan tiga sendok makan yoghurt polos.
- Tambahkan beberapa tetes jus lemon serta satu atau dua sendok teh minyak zaitun. Aduk rata.
- Oleskan ini pada daerah yang terkena komedo. Biarkan selama beberapa menit hingga kering.
- Bilas dengan air dan kemudian keringkan.
- Ulangi prosedur ini selama tiga kali seminggu untuk menyingkirkan komedo dengan cepat.

10. Kunyit
Kunyit memiliki sifat antiseptik yang sangat baik dan bekerja dengan baik untuk luka bakar ringan. Eefektif juga dalam mengobati komedo.

- Dalam mangkuk, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan dua sendok makan jus mint segar. Aduk rata
- Oleskan campuran ini pada daerah yang terkena komedo. Biarkan hingga kering selama beberapa menit.
- Cuci dengan air dan tepuk wajah Anda hingga kering.

Anda juga dapat mencampurk bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan susu dan membuatnya menjadi pasta halus. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan diamkan selama sekitar 5 menit. Cuci dengan air untuk mengurangi komedo dalam tiga sampai empat minggu.