Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 07 November 2014

10 Cara Mengatasi Ngantuk saat Hari Malas Ketika Bekerja Dikantor


KaBeIn, Ditengah sore hari Anda tidak bisa berhenti menguap, Ayam goreng super besar yang Anda makan ketika makan siang tidak membantu Anda mendapatkan energi untuk tetap terjaga. Anda tetap memberikan tangan kanan Anda untuk tidur siang diatas meja kerja.

Bahkan, menurut statistik yang dirilis oleh National Sleep Foundation, 34% orang yang beruntung diperbolehkan untuk tidur siang saat istirahat kerja, dengan 16% perusahaan bahkan menyediakan tempat tiduran yang nyaman. Tapi, karena tidak semua dari kita bisa menikmati kemewahan tidur siang sore hari di kantor, berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk mengalahkan rasa kantuk saat hari Anda dikantor begitu membosankan (ada kalanya dikantor terdapat hari malas).

1. Keluar ruangan sebentar.
AC, layar komputer dan lampu membuat Anda merasa lebih mengantuk. Bila menemukan diri Anda terkantuk-kantuk di meja, keluar ruangan untuk beristirahat selama sekitar 15 menit. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks kantor dan menghirup udara segar.

2. Lakukan gerakan ringan
Lakukan beberapa gerakan olahraga ringan seperti gerakan yoga, atau beberapa jumping jacks. Anda bisa juga berjalan naik turun tangga sampai berkeringat. Meningkatkan sedikit detak jantung dan memompa beberapa oksigen melalui tubuh ke otak akan membantu Anda tetap waspada dan terjaga.

3. Tantang Otak Anda
Lakukan permainan yang mentang otak Anda untuk tetap terjaga selama hari yang sangat membosankan. Bermain Sudoku atau mencoba teka-teki silang.

4. Kejutkan sistem tubuh Anda
Basuhi sediki muka Anda dengan air atau minum segelas air dingin dengan spritz lemon di dalamnya akan mengejutkan sistem anda tetap terjaga. Anda bahkan bisa mengisap es batu atau menaruhnya di pergelangan tangan.

5. Makanan ringan
Sebuah snack sehat dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk tetap produktif sampai sore hari. Tinggalkan jauh-jauh snack bergula yang sarat dengan karbohidrat. Sebaliknya, pilih buah atau sesuatu yang kaya protein. Sebuah snack yang menggabungkan protein dan karbohidrat kompleks dapat dicerna oleh tubuh dengan baik daripada karbohidrat sederhana.

6. Pompa Adrenalin Anda
Pompa adrenalin Anda dengan menonton trailer dari film aksi atau film horror.

7. Pindah posisi duduk
Jika sedang duduk dalam satu posisi untuk jangka waktu lama, kemungkinan Anda mendapatkan posisi duduk yang terlalu santai. Reposisi kursi dan ubah cara Anda duduk.

(Baca Juga: Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya)

8. Gunakan Minyak Atsiri
Simpan beberapa aroma berbau tajam di meja Anda seperti melati, jeruk dan peppermint. Ketika Anda merasa mengantuk, gosokkan beberapa di pelipis dan tangan. Anda bahkan bisa oleskan sedikit pada bibir atas Anda untuk membangkitkan kesadaran Anda secara instan. Hindari lavender karena malah akan memberikan rasa kantuk karena lavender memiliki efek santai.

9. Mendengarkan beberapa lagu upbeat
Ambil headphone dan keluar ruangan, mainkan beberapa lagu upbeat dance favorit Anda. Mendengarkan musik upbeat juga akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melewati sisa hari itu.

10. Membuat lelucon
Istirahat sebentar dari pekerjaan, ajak beberapa rekan kerja untuk melucu atau tebak-tebakan. Tertawa satu menit atau lima menit dapat melepaskan endorfin penting dalam tubuh dan akan menggerakkan tubuh Anda.. Jika rekan kerja Anda tidak terlalu lucu, masih ada video di YouTube.