Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 09 November 2014

10 Cara Alami Pengobatan Sakit Kepala Sinus yang Rugi Kalau Anda Tidak Tahu


KaBeIn, Setelah mengetahui pengertian sinus dan infeksi sinus pada artikel sebelumnya (Baca: Apa Itu Sinus dan Sakit Kepala Sinus) sekarang saatnya Anda mengobati sakit kepala yang menyiksa ini.

Pada pengobatan ini, Anda akan menggunakan metode alami sehingga lebih aman karena bebas bahan kimia, pengobatan sakit kepala sinus ini juga terbukti ampuh.

Berikut ini 10 Pengobatan alami untuk sakit kepala sinus, seperi dilansir dilaman myhealthtips.in:

1) Vitamin C
Vitamin C sangat kaya akan antioksidan dan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam vitamin C akan membantu dalam memerangi infeksi sakit kepala sinus. Beberapa makanan yang merupakan sumber kaya vitamin C adalah: kembang kol, delima, stroberi, jeruk nipis, jeruk, brokoli dan gooseberry.

Meminum dua lemon tea atau secangkir lemon teh hijau sehari-hari juga akan membantu dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan sakit kepala sinus.

2) Cinnamon
Cinnamon atau kayu manis adalah ramuan yang populer dalam membantu membebaskan Anda dari masalah sinusitis.

Jadikan bubuk sekitar 1 sampai 2 inci kulit kayu manis. Ambil satu sendok makan bubuk kayu manis dan tambahkan air secukupnya untuk untuk membuat pasta halus. Tambahkan satu sendok teh bubuk cendana ke pasta ini dan aduk rata.Oleskan pasta ini pada dahi Anda secara merata dan biarkan selama sekitar 5 menit. Kemudian cuci dengan air. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mengobati sakit kepala sinus.

3) Jahe
Jahe adalah bahan terkenal yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Jahe juga dikenal sebagai penghilang rasa sakit dan bekerja sangat baik pada sakit kepala sinus.

Potong jahe segar menjadi irisan tipis dan memasukkannya ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan selama sekitar 10 menit. Saring jahe dan minumlah teh jahe selagi hangat. Ulangi dua sampai tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Anda juga bisa mengunyah sepotong kecil jahe segar dua kali sehari untuk mengobati sakit kepala sinus.

4) Dengan Diet Seimbang
Melakukan diet seimbang adalah salah satu cara melegakan sakit kepala sinus. Diet yang seimbang akan membantu menanggulangi banyak masalah kesehatan dan juga akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Infeksi dalam tubuh Anda akan sembuh lebih cepat jika Anda mengambil diet seimbang.

5) Minum Air Hangat
Jika Anda mengalami peradangan dan hidung tersumbat, maka Anda dapat mengambil air hangat untuk mendapatkan bantuan instan dari peradangan. Minum banyak air hangat juga akan membantu dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan sakit kepala sinus dengan segera.
- Tambahkan air dalam panci dan didihkan selama sekitar 10 menit.
- Tutup kepala Anda dengan handuk dan hirup uap sebanyak mungkin.
- Untuk mendapatkan bantuan yang lebih baik, Anda dapat menambahkan satu atau dua tetes minyak kayu putih dan minyak peppermint ke dalam air mendidih dan kemudian hirup uap tersebut.

Sakit kepala sinus dapat menyerang kapan saja

6) Uap
Uap adalah jawaban Anda tentang cara untuk mengobati sakit kepala sinus di rumah. Uap juga akan membantu Anda menghilangkan selaput lendir dan membersihkan hidung dari kemacetan. Dan tentu membantu dalam mengurangi sakit kepala yang berhubungan dengan sinus.

7) Makanan Pedas
Makan makanan pedas adalah cara terbaik untuk mengobati tekanan sakit kepala sinus. Rempah-rempah dalam makanan akan membantu dalam membersihkan penyumbatan hidung dan akan membantu dalam menguras sinus dari hidung. Setelah Anda membersihkan penyumbatan hidung, Anda akan segera merasa lega dari sakit kepala.

Cobalah makan super pedas saat Anda sinus, ini akan membantu dalam mengurangi kongesti hidung dengan mudah. Anda juga dapat mengigit cabai pedas atau memakannya sampai Anda melihat air mata di mata Anda. Anda akan langsung merasa lega dari sakit kepala sinus dalam hitungan beberapa menit.

8) Semprot dengan garam
Menyemprotkan larutan garam ke dalam lubang hidung dapat membuka penyumbatan yang disebabkan oleh sinus. Ini akan membantu Anda untuk bernapas dengan mudah. Anda hanya membutuhkan sedikit garam dalam air hangat, kemudian semprotkan ke dalam lubang hidung, ini akan menyebabkan rongga hidung menjadi lembab yang pada akhirnya akan menyembuhkan hidung tersumbat.

9) Sup Panas dan Pedas
Segera setelah merasa sinus menyerang Anda, siapkan sup panas dan pedas. Lahap sampai habis dalam keadaan sedikit panas, dengan cara ini Anda akan dapat dengan mudah membuka blokir sinusitis serta mengurangi peradangan hidung. Menambahkan lada lebih banyak juga akan membuat sup Anda lebih pedas lagi sehingga dapat maksimal mengusir hidung tersumbat.

10) Dengan Dipijat
Salah satu pengobatan rumah yang efektif untuk sakit kepala sinus adalah dengan memijat daerah sinus dengan ujung jari Anda.

Pijat dahi, pelipis, sisi hidung Anda, dll dengan lembut menggunakan ujung jari di mana Anda merasa sakit. Anda perlu untuk memijat daerah tersebut selama beberapa menit. Hal ini akan membantu dalam membuka rongga hidung Anda.

Masih banyak lagi pengobatan alami yang dapat mengurangi sakit kepala karena sinus. Seperti dengan pengobatan herbal.Minum teh herbal seperti teh chamomile, teh peppermint, teh hijau, dll akan membantu dehidrasi daerah hidung dan membantu dalam menjaga rongga sinus tetap lembab. Makan 2-3 siung bawang putih segar sehari-hari juga akan membantu dalam mengurangi kemacetan di hidung karena memiliki sifat anti-inflamasi dan ekspektoran.