Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 07 November 2014

10 Blunder pada Kencan Pertama yang Harus Dihindari


KaBeIn, Bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya memang bisa saja menegangkan, terutama jika itu suatu kencan. Kencan pertama layaknya seperti wawancara kerja, di mana kita akan membuat kesan pertama yang baik. Jika tidak berhati-hati, bukan kencan pertama romantis yang Anda dapat, tapi malah akan membuat blunder yang tidak diharapkan.

Jika Anda membuat kesalahan seperti dibawah ini, kemungkinan untuk mendapatkan kecan kedua bakal tipis, kalau tidak mau dikatakan tidak ada. Tapi jika Anda dapat menghindari hal ini maka bisa saja kencan pertama Anda akan berjalan sangaaaaaaaaaat mulus :D

Berikut 10 blunder atau kesalahan yang paling sering terjadi pada kencan pertama, Anda harus menghindari blunder ini. Seperti kami kutip dari laman Lifehacker India

1. Terus menerus berbicara
Hindari terus membicarakan diri sendiri dalam kencan pertama. Anda juga harus memberikan si dia waktu berbicara. Terlalu banyak membicarakan diri sendiri akan membuat Anda seperti tukang membual.

Kencan pertama bukan waktu untuk membicarakan hal yang terlalu seksual
2. Membicarakan masa lalu dan persoalan yang berat
Ada perbedaan antara jujur dan transparan pada kencan pertama serta memberikan terlalu banyak informasi. Ada waktu dan tempat untuk membicarakan kejujuran Anda atau informasi mendalam tentang Anda. Pada kencan pertama bukanlah waktu yang tepat untuk membahas masa lalu  yang mungkin suram atau kelam. Ini hanya akan membuat percakapan menjadi tidak nyaman, dan mungkin Anda malah akan membuat si dia menjadi takut. Jauhkan percakapan yang berat, dan bicarakan saja masalah ringan dengan santai dan menyenangkan.

3. Menyela dan tidak mendengarkan
Menyela ketika si dia sedang berbicara atau mendebat dia menjadi tindakan sangat ofensif bagi dia. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak terlalu tertarik pada apa yang dia katakan. Sebaiknya ajukan pertanyaan cerdas tentang yang dia bicarakan dan dengarkan dengan seksama apa yang dia  katakan.

4. Berpakaian sembarangan
Berpakaianlah yang bagus, bukan berarti Anda harus menggunakan tuksedo atau gaun pesta untuk kencan pertama, tetapi terlihat rapi, itu yang sangat penting. Melihat bahwa pakaian Anda disetrika, nafas segar, kuku bersih, dan tidak ada bau badan, itu sudah cukup.

5. Terlalu dingin
Mungkin Anda ingin terlihat sebagai seseorang yang kalem, tapi bisa saja itu menjadikan Anda terlihat dingin dimata dia. Perlihatkan kehangatan dan rasa tertarik Anda kepada si dia. Ini membuat Anda lebih menarik daripada berpura-pura menjadi dingin.

(Baca Juga: Cara Membuat Hari Ini Lebih Produktif)

6. Menjadi terlalu genit
Beberapa gerak menggoda memang tidak akan membahayakan siapapun, tetapi penting untuk tetap bisa menahan diri. Kencan pertama bukan waktu atau tempat untuk membicarakan sesuatu yang terlalu seksual.

7. Memilih tempat di mana Anda tidak dapat melakukan percakapan
Tempat yang Anda pilih untuk kencan pertama sama pentingnya dengan semua hal diatas. Jika Anda pergi ke klub, Anda mungkin tidak akan dapat berkomunikasi dengan si dia, dan hanya akan berakhir dengan berdiri canggung menatap satu sama lain atau hanya bergoyang mengikuti irama musik tanpa bisa melakukan percakapan. Pilihlah tempat dimana Anda bisa melakukan percakapan dengan si dia tanpa ada suara atau keadaan yang menggangu pertemuan Anda.

8. Tidak menjadi diri sendiri.
Kencan pertama Anda adalah waktu untuk menentukan apakah Anda dan si dia cocok satu sama lain. Jadilah diri sendiri, jangan berpura-pura sebagai orang lain. Anda tidak akan dapat mengimbangi sandiwara yang terlalu lama.

9. Membawa teman saat kencan pertama
Keselamatan memang harus diutamakan, tapi bukan berarti Anda harus membawa teman untuk menenami. Kecuali Anda akan kencan buta (dalam artikel ini kami tidak membahas kencan buta). Pertemuan ramai-ramai bersama teman-teman bisa Anda lakukakan saat kencan kedua atau ketiga. Kencan pertama adalah untuk mengenal satu sama lain saja.

10. Berbicara tentang pertemuan orang tua dan memberi nama anak-anak nantinya.
Ketika kencan pertama dengan seseorang, kemungkinan besar Anda baru saja bertemu orang ini. Anda berkencan untuk menetapkan apakah si dia cocok atau tidak. Terburu-buru membicarakan pertemuan orang tua dan membicarakan nama anak-anak Anda dapat menghilangkan suasana romantis, dan sekali lagi ini terlalu terburu-buru. Percakapan Anda harus santai dan tidak berhubungan dengan komitmen apapun.