Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 30 Oktober 2014

Tempati Urutan 114, Indonesia Menjadi Negara dengan Tingkat Kemudahan Berbisnis yang Rendah


KaBeIn, Indonesia ternyata menjadi negara dengan tingat kemudahan berbisnis kurang menggembirakan dengan menempati urutan 114 dari 189 negara yang disurvey oleh Bank Dunia. Untuk wilayah ASEAN Indonesia hanya unggul dari negara kecil Timor Leste (urutan 172) dan Kamboja (urutan 135)

Birokrasi di Indonesia yang mbulet menyebabkan tingkat kemudahan berbisnis di sini sangat rendah
Indonesia kalah jauh dengan negara dekat seperti Singapura (urutan 1), Malaysia (urutan 18), Thailand (urutan 26), Filipina (urutan 95), dan Brunei Darussalam (urutan 101).

Survey negara dengan tingkat kemudahan dalam berbisnis ini dilakukan oleh Bank Dunia yang dikeluarkan dalam  jurnal berjudul "Doing Business," seperti dilapokan BBC (29 Oktober 2014)

Singapura Negara Termudah untuk Berbisnis
Urutan pertama negara dengan tingkat kemudahan berbisnis disematkan pada negara Singapura, ini adalah kali kesembilan negara Singapura menjadi nomer satu negara dengan kemudahan berbisnis versi Bank Dunia.

(Baca Juga: Inilah Album Solo Zhou Mi Super Junior)

Beberapa metode pengambilan poin dari survey ini diantaranya dilihat dari sistem pajak, perijinan dan berapa lama membuka dan menutup perusahaan.

Ini bisa menjadi masukan untuk pemerintah Indonesia yang baru, agar lebih memudahkan kembali perorangan atau kelompok yang ingin mendirikan perusahaan di Indonesia.

Mungkin jawabannya adalah birokrasi di Indonesia yang terkenal muter-muter.