Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 19 Oktober 2014

Siarkan Pernikahan Raffi-Gigi Selama Dua Hari, TransTV Kena Semprit KPI


KaBeIn, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengirimkan peringatan tertulis kepada Trans TV untuk siaran eksklusif pernikahan Raffi Ahmad dan Navita Slagina pada 16 dan 17 Oktober 2014. Prosesi pernikahan Raffi dan Nagita terus menerus ditampilkan pada saluran televisi.

Foto pernikahan Raffi Ahmad dan Navita Slagina disiarkan sekana dua hari oleh TransTV (Photo: Tribunnews/Jeprima)

KPI menganggap acara yang disebut 'Janji Suci Raffi dan Nagita' dimanfaatkan bukan untuk kepentingan publik.

Dalam sebuah pernyataan di situsnya, Kepala Kantor Pusat KPI, Judhariksawan, menyoroti durasi program, yang disiarkan selama dua hari berturut-turut. KPI menilai bahwa itu tidak masuk akal dan tidak memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai pemilik frekuensi. KPI beropini bahwa itu adalah pelanggaran perlindungan kepentingan umum.
(Baca Juga: Group Musik Akapella Jamaica Cafe Tampil Di Singapura)

Selain itu, Komisi Penyiaran telah memutuskan bahwa acara tersebut telah melanggar Kode Etik Perilaku Penyiaran sesuai dengan pedoman KPI 2012. Sanksi atas pelanggaran ini akan menjadi surat peringatan.

KPI juga meminta Trans TV untuk tidak memutar kembali acara pernikahan tersebut dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan. Ini adalah peringatan bahwa frekuensi televisi dimiliki oleh publik dan harus dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat.