Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 20 Oktober 2014

Para Pemimpin Dunia Menghadiri Acara Pelantikan Presiden Indonesia 2014


KaBeIn, Sebuah upacara menandai pelantikan presiden baru Indonesia tampaknya menarik minat banyak pemimpin dunia. Banyak yang akan pergi ke Jakarta untuk menghadiri upacara yang akan diadakan di Gedung MPR pada Senin 20 Oktober, 2014.

Di antara para pemimpin dunia yang menghadiri adalah Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, PM Singapura Lee Hsien Loong, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, dan Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe.

Ruas jalan di sekitar gedung MPR akan dialihkan pada hari pelantikan Presiden 2014 (photo: kompas.com)

Gubernur Jenderal Papua Nugini, Michael Ogjio, dan Thai Wakil Perdana Menteri Tanasak Patimapragon juga dilaporkan akan menghadiri upacara pelantikan.

Sekretaris Negara Amerika Serikat, John Kerry, juga akan menghadiri upacara pelantikan hari Senin, bersama utusan khusus dari Korea Selatan dan Jepang.

Menurut sebuah laporan oleh surat kabar Australia Sydney Morning Herald (SMH), pada tahun 2004 para pemimpin dunia mulai menghadiri upacara pelantikan presiden Indonesia. Tradisi ini dimulai oleh Perdana Menteri Australia John Howard.

(Baca Juga: Tips Membuat Pagi Hari Anda Tidak Stress)

SMH menulis bahwa pada tahun 2004, John Howard memutuskan untuk "mengundang dirinya" untuk upacara pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menciptakan "protokol mimpi buruk" bagi negara-negara lain yang juga ingin memiliki hubungan baik dengan Indonesia. Kemudian diikuti Jepang dan Korea Selatan untuk mengirim perwakilan khusus untuk upacara pelantikan pada tahun 2004.

Dengan pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Indonesia akan membuka bab politik baru pada tanggal 20 Oktober 2014.