Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 27 Oktober 2014

Meskipun Satu Manajeman, WINNER dan iKON Punya Target Pasar Luar Negeri yang Berbeda


KaBeIn, Boyband K-pop WINNER dan iKON memiliki target pasar luar negeri yang berbeda meskipun kedua kelompok ini berada di bawah manajeman YG Entertainment, kata beberapa pengamat showbiz, seperti dikutip dari laman Kpopherald

WINNER (photo: YG Entertainment)
WINNER, yang memulai debutnya pada bulan Agustus tahun 2014, mentargetkan pasar musik Jepang, sementara iKON, yang akan debut pada bulan Januari tahun depan, mengincar pasar Cina, kata pengamat tersebut

Kedua group ini pertama kali muncul di TV dalam 2013 dalam program "WIN:. WHO IS NEXT" Setelah memenangkan kompetisi, tim anggota Win A menjadi WINNER dan tim lain, Win B, harus trainee sekali lagi. Anggota Win B kemudian berjuang untuk dipilih sebagai anggota dari kelompok iKON, dalam program TV lain pada tahun 2014, "MIX & MATCH."


Kelompok WINNER telah mengadakan promosi mereka di Jepang sejak September. Mereka bahkan menggelar konser mereka di Jepang, tepat setelah rilis album. Mungkin karena kelompok ini pernah menjadi band pembuka pada tur Big Bang di Jepang, membuat nama mereka dikenal pecinta K-pop di Jepang.

Kelompok telah menggelar "WINNER 1st JAPAN TOUR 2014" di lima kota di Jepang - Tokyo, Sapporo, Fukuoka, Nagoya, dan Osaka - dari 11 September sampai 11 Oktober 2014 lalu.

Kini mereka sedang mempersiapkan album berikutnya.

"WINNER bertujuan tidak hanya di pasar Korea. Mereka juga akan aktif baik di Jepang. Tidak ada batasan untuk grup. Juga, musik mereka akan menampilkan semua genre. Mereka akan berkembang seperti kelompok senior yang sudah lebih dulu berhasil, Big Bang, suatu hari nanti, "kata kepala YG Yang Hyun-suk.

(Baca Juga: Foto Willow, Bocah Paling Lucu)

Sementara itu, hanya butuh beberapa langkah akhir untuk iKON sebelum debut mereka. Yakni memilih anggota terakhir mereka. Babak final kompetisi ini diadakan di Hwajung gymnasium Universitas Korea di Seoul pada 22 Oktober 2014. Sekitar 15.000 orang telah ikut dalam undian tiket kompetisi terakhir, Ini membuktikan perhatian besar para penggemar untuk grup.

MIX & MATCH's final match poster
Anggota iKON telah bertemu fans mereka di Poly Theater di Beijing di Cina. Sekitar 60.000 orang menghadiri pertemuan tersebut. Menurut agensi mereka, bandara Beijing penuh sesak dengan penggemar ketika iKON tiba di sana.

"Respon dari para penggemar di Cina sangat mengagumkan. iKON memang bertujuan untuk pasar Cina, tetapi mereka tidak akan pergi ke Cina setelah debut mereka. Kelompok ini akan masuk ke China hanya setelah ia mendapatkan popularitas di Korea lebih dulu." Yang Hyun-suk menutup pembicaraan