Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 17 Oktober 2014

Jaga Kesehatan Payudara Anda dengan 7 Cara Ini Menurut Para Ahli


KaBeIn, Jika Anda belum mengidap penyakit kanker payudara, inilah waktunya untuk memulai dan terus menjaga payudara, jangan sampai terlambat. Jangan sampai Anda mempunyai penyakit yang menjadi momok bagi wanita ini.

Jaga Kesehatan Payudara Anda dengan 7 Cara Menurut Para Ahli Berikut Ini
Ketika kanker payudara ini sudah muncul maka ia akan jadi sangat agresif. Jadi jagalah payudara Anda sebelum terlambat

Berikut ini cara menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kanker payudara menurut Debra Mangino, M. D.dari New York's Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, seperti dikutip womenshealthmag.com

1. Dengan pengujian genetik
Gen pembawa kanker payudara sudah ditemukan oleh  kecanggihan ilmu kedoteran. Ketika wanita muda terkena kanker payudara, ini bisa karena adanya mutasi dari BRCA, yakni gen keturunan yang berkaitan dengan kanker payudara dan ovarium. Jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat terkena kanker payudara, segeralah melakukan pengujian genetik untuk mengetahui apakah Anda membawa gen kanker atau tidak.
Jika hal ini terdeteksi lebih awal, maka akan mempermudah dalam penanganan.

2. Cek setiap 3 tahun sekali
Lakukan pengecekan payudara setidaknya 3 tahun sekali. Akan lebih bagus lagi jika Anda melakukan pengecekan payudara setahun sekali. Pengecekan ini bisa menggunakan sonogram, MRI atau mammogram.

3. Ketahui riwayat penyakit keluarga Anda
Sebesar 15% kasus kanker payudara yang ditemukan adalah karena faktor keturunan. Jadi kenali riwayat keluarga Anda apakah ada yang pernah mempunyai penyakit kanker payudara.

4. Selalu konsumsi sayuran
Selalu tambahkan sayuran dalam menu harian Anda. Konsumsi makanan rendah lemak dapat mengurangi resiko kanker payudara. Lebih bagus lagi jika mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah.

5. Hindari minuman beralkohol.
Sebuah studi tentang kanker menyebutkan bahwa minum 2 gelas minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara sebesar 21 persen! Masih mau mabuk-mabukan?

6. Olahraga rutin 1 jam sehari
Lakukan olahraga 1 jam sehari lima kali dalam seminggu. Olahraga juga efektif meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan resiko obesitas dan menurunkan kadar estrogen pada tubuh.

7. Hindari kegemukan
Menurut Harold Freeman, M.D., presiden dan pendiri Ralph Lauren Center mengatakan, berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Orang dengan tubuh berlebih juga memperkecil kemungkinan sembuh dari penyakit ini.