Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 19 Oktober 2014

Dengan 212 Cucu, 53 Anak dan 12 Istri, Warga NTT ini Menang Telak dalam Pilkades


KaBeIn, Sebuah cerita yang unik telah muncul dari demokrasi terbesar ketiga di dunia, di mana seorang pria berusia 72 tahun di Kupang, Indonesia Timur, dilaporkan meraih posisi kepala desa setelah didukung oleh 212 anak cucunya, 53 anak dan 12 istri.

Deta Raya, Kepala Desa Waiha berusia 72 tahun di NTT, memiliki 12 istri sah, 52 anak, 212 cucu, dan 3 cicit.
(Photo: Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere).

Untuk Deta Raya, yang juga menjabat sebagai kepala desa Waiha di Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki keluarga besar telah memberinya manfaat tambahan, khususnya dalam hal penilaian kontribusi.

Hal ini terbukti pada saat ia bertarung di pemilihan kepala desa Waiha, atau disebut sebagai Pilkades (Pemilihan Calon Kepala Desa). Seperti dilansir Kompas.com, Deta Raya menang telak dalam pemilihan kepala desa (pilkades) pada tahun 2009.

Selain itu, peran Deta dalam beberapa pemilihan lain juga dianggap berpengaruh oleh beberapa politisi di daerahnya.

"Selama musim pemilu legislatif, gubernur, dan bahkan presiden, saya selalu dihubungi oleh tim kampanye karena saya memiliki dasar penilaian, di rumah sendirian ada ratusan lebih orang. Ini tidak termasuk anggota keluarga yang lain. Tentu saja bila digabungkan, akan banyak sekali, "kata Deta Raya seperti dikutip Kompas.com (18 Oktober 2014).

Statusnya sebagai kepala desa yang memiliki banyak istri tidak pernah dipermasalahkan oleh pejabat dari kedua pemerintah kabupaten dan bupati. Hal ini karena ia memiliki peran besar pada saat-saat pemilu.

Deta Raya  mengakui tidak ada rencana untuk menjadi calon legislatif atau bupati pada saat ini, dia masih ingin menjalankan sebagai kepala desa Waiha.

Warga masih ingin Saya menjadi seorang kepala desa. Untuk menuju legislatif atau bupati, saya pasti harus berpikir metode apa yang akan saya manfaatkan, tetapi tidak untuk saat ini, "kata Deta Raya.

Seperti dilansir Kompas.com, Deta Raya, Kepala Desa Waiha berusia 72 tahun di NTT, memiliki 12 istri sah, 52 anak, 212 cucu, dan 3 cicit.
(Kredit: globalindonesianvoices.com)