Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 27 Oktober 2014

9 Cara Sederhana Menggunakan Cuka Sari Apel Untuk Mengobati Diabetes


KaBeIn, Cuka sari apel atau apple cider vinegar (ACV) tidak hanya digunakan untuk memasak tetapi juga digunakan sebagai obat untuk diabetes, yang telah didukung oleh penelitian ilmiah dan testimonial.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan manfaat dari cuka sari apel (photo: shutterstock)
Ilmu pengetahuan telah membuktikan manfaat cuka sari apel, dan ini sudah cukup untuk menjadikannya ACV sebagai menu diet diabetes Anda.

Manfaat Cuka Sari Apel untuk menyembuhkan Diabetes:

Bentuk cuka diperkaya dengan sifat antibakteri. Juga memiliki kandungan mineral tinggi, seperti magnesium, kalium, fosfor, belerang, kalsium, besi, fluor, dan tembaga. Dengan nutrisi tersebut, dapat membantu untuk mengontrol kondisi diabetes yang parah. Bahkan dalam kasus pra-diabetes dan diabetes tipe 2, Anda dapat mengandalkan ini.

Meningkatkan Sensitivitas Insulin:
Menurut studi terbaru, cuka sari apel mengurangi daya resistensi insulin tubuh. Hal ini juga menurunkan kadar gula darah, jika diterapkan sebelum tidur. Hal ini meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 19% menjadi 34% untuk orang yang menderita kondisi diabetes dan pradiabetes. Ini  dapat terjadi bahkan setelah makan malam dengan karbohidrat tinggi.

Menurunkan Tingkat Glukosa Darah:
Cuka sari apel menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh dengan mengatur Glycemic Index (GI). GI tinggi meningkatkan kadar gula darah dan sebaliknya. Cuka sari apel menstabilkan proses metabolisme dalam tubuh dengan menurunkan GI. Ini merupakan prestasi yang jarang dicapai oleh asam asetat yang merupakan cuka sari apel. Cuka sari apel memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi glukosa dengan menyerap bikarbonat dalam sistem pencernaan. Selanjutnya, lambatnya penyerapan gula menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh.

(Baca Juga: Cara Alami Mengobati Uban Prematur pada Anak-anak)

Bagaimana Menggunakan Cuka Sari Apel Untuk Mengobati Diabetes?

Jika Anda berharap bahwa cuka sari apel rasanya enak, maka Anda akan sangat kecewa. Rasanya buruk! Bahkan, ilmu pengetahuan mengatakan bahwa Anda harus selalu menghindari mengkonsumsi cuka murni. Dianjurkan untuk menambahkan dengan air dan kemudian minum untuk mendapatkan manfaatnya terhadap diabetes. Anda dapat dapat mengkonsumsi ACV ini dalam berbagai bentuk seperti dibawah ini, seperti dilansir laman stylecraze.com

1. Anda dapat menekan rasa pedas dari cuka sari apel dengan pemanis non-kalori seperti madu murni.

2. Tambahkan garam dan air pada cuka sari apel untuk meningkatkan rasa.

3. Campur air dan jus cranberry dengan cuka sari apel. Tuangkan beberapa tetes air jeruk nipis untuk membuatnya lebih enak.

4. Anda dapat menggunakannya sebagai saus salad dengan minyak zaitun extra virgin. Gunakan rasa yang khas dari cuka sari apel untuk membuat salad Anda lebih sehat dan enak. Untuk rasa yang lebih baik, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain, seperti daun kemangi dan oregano kering untuk salad Anda.

5. Menggunakannya dalam es teh bersama dengan beberapa jus lemon.

7. Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir air dan beberapa tetes stevia untuk membuat minuman sehat.

8. Menggunakannya sebagai pelunak daging. Anda juga dapat mengasinkan ayam dengan cuka ini.

9. Cukup menelan 2 sdm cuka sari apel dengan segelas besar air.