Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 20 Oktober 2014

6 Saran Untuk Membuat Hari Anda Lebih Efektif


KaBeIn, Pagi hari seharusnya menjadi awal hari yang menyenangkan, tapi bagi banyak orang adalah waktu yang paling stres sepanjang hari. Pikiran kita sudah langsung penuh dengan seribu hal seperti bayi menangis, suami Anda lama di kamar mandi, ketel mendidih, tukang susu berdering bel pintu, jam terus berdetak cepat dan ... Anda masih merasa mengantuk!

6 Saran Untuk Membuat Hari Anda Lebih Efektif

Ada cukup alasan dan faktor yang dapat merusak hari Anda sebelum hari dimulai. Oleh karena itu, sangat  penting untuk secara sadar  merencanakan pagi sehingga hari yang akan Anda songsong menjadi berkualitas.

Berikut 6 saran yang akan meningkatkan hari Anda menjadi  efektif dan produktif.

1. Lakukan meditasi dan atur pernafasan sebelum beranjak dari tempat tidur
Ketika bangun pagi banyak orang langsung beranjak dari tempat tidur, bergegas mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dan menangani anak-anak.  Tergesa-gesa malah akan membuat pagi hari Anda menjadi kacau. Anda harus lebih santai dan rileks.

Ambil waktu beberapa menit setalah bangun untuk menenangkan diri. Cobalah duduk dan lakukan meditasi. Atur juga pernapasa, bayangkan dan yakinkan bahwa Anda akan mengawali dan mengarungi hari ini dengan sempurna dan tidak tergesa-gesa.

2. Lakukan yoga dan peregangan
Setelah bangun, Anda harus bugar. Untuk itulah Anda bisa mencoba yoga dan peregangan setelah bangun di pagi hari. Yoga adalah seni kebugaran yang tidak hanya menyehatkan badan tapi juga menjernihkan pikiran.

Anda bisa melakukan yoga diruang sunyi dan terbuka dirumah, seprti di taman, halaman belakang, balkon atau teras. Jangan lupa lakukan juga peregangan. Ini akan meningkatkan fisik dan mental Anda.

3. Sarapan dengan santai
Sebagian keluarga melakukan segala sesuatunya dengan tergesa-gesa, seperti memastikan anak pergi sekolah dengan tepat waktu dan kita harus mencapai kantor tepat waktu juga. Sehingga sering menelan sarapan dengan tergesa-gesa bahkan mungkin melewati sarapan.

Sedikit yang menyadari pentingnya memulai hari kita dengan beberapa menit bercengkrama dan membuat harmonis ikatan keluarga, yang dapat dengan mudah dicapai di atas meja sarapan.

Berikan waktu 15 menit sarapan bersama keluarga. Jika dilakukan dengan disiplin maka Anda tidak akan terlambat ke kantor. Anda juga dapat mengawali sarapan dengan doa syukur pada Tuhan.

4. Siram tanaman dan beri makan hewan peliharaan
Ini adalah sesuatu yang membutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit tapi akan membuat dampak besar di pagi hari Anda. Pagi hari akan menjadi rileks dengan menyirami tanaman, dengan ini juga Anda akan berjalan kecil santai di taman. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, luangkan waktu juga untuk menyayangi hewan Anda, seperti melihat keadaan kandang atau makanannya.

5. Buatlah daftar prioritas
Butalah daftar prioritas untuk hari ini. Anda bisa membuatnya dengan kertas atau fasilitas note di smartphone

6. Rencanakan sesuatu yang menyenangkan di malam harinya
Rencanakan sesuatu yang menyenangkan untuk sore hari atau malam harinya, ini sebagai bonus dari pekerjaan Anda selama sehari penuh. Pilihlah hal yang berbeda disetiap hari seperti - "akan memanggang kue di malam hari", "akan menulis posting untuk blog saya", "akan bertemu teman ini dalam perjalanan kembali dari kantor" dan sebagainya.